Apa sih Perbedaan Buah dengan Sayuran?

Apel adalah buah, bukan? Begitu juga pisang. Bagaimana dengan mentimun? Sayuran, kan? Namun tidak demikian halnya jika dilihat dari sudut pandang botani. Dalam hal gizi, buah-buahan dan sayuran biasanya dikelompokkan bersama-sama sebagai makanan sehat sarat nutrisi. Fakta mengejutkannya adalah bahwa secara ilmiah banyak makanan yang kita sebut sebagai sayuran sebenarnya adalah buah.

Sayur dan Buah

Misalnya, apakah Anda percaya bahwa kacang-kacangan, jagung, paprika, kacang polong, terong, labu, mentimun, dan tomat semuanya adalah buah-buahan? Hal itu karena, secara botanikal, buah-buahan adalah bagian dari tanaman berbunga yang mengandung bibit dan digunakan tanaman untuk menyebarkan benihnya. Dengan demikian, kacang adalah buah. Biji-bijian, yang sebenarnya adalah benih besar, juga merupakan buah-buahan.

Lalu bagaimana dengan sayuran? Secara botanikal, sayuran adalah semua bagian lain dari tanaman, seperti daun (misalnya selada dan bayam), akar (misalnya wortel dan lobak), batang (misalnya jahe dan seledri), dan bahkan kuncup bunga (misalnya brokoli dan kembang kol).

Singkat kata, jika berasal dari tanaman dan memiliki biji (atau sebenarnya memiliki biji jika tidak direkayasa secara genetik atau sengaja dibudidayakan untuk tidak memilikinya, seperti halnya anggur tanpa biji), maka itu disebut buah; jika tidak, maka itu adalah sayuran.

Lalu mengapa kita menyebut paprika, jagung, mentimun, dan sejenisnya adalah sayur-sayuran? Mengapa ketika kita berbelanja di supermarket makanan-makanan ini ditemukan di bagian sayuran? Kita bisa menyalahkan tradisi kuliner di mana klasifikasi didasarkan pada rasa, bukan bagian dari tanaman.

Buah-buahan biasanya memiliki rasa manis, sedangkan sayuran umumnya lebih gurih dan kurang manis. Buah juga biasanya disajikan sebagai bagian dari makanan penutup atau sebagai makanan ringan, dan sayuran sering menjadi bagian dari hidangan utama.

Jadi pada akhirnya, sistem klasifikasi ilmiah membuat garis pemisah yang jelas antara buah-buahan dan sayuran seperti dijelaskan di atas, sedangkan sistem klasifikasi kuliner jauh lebih ambigu; oleh karena itulah banyak orang bingung membedakan sayuran dengan buah. Tapi setidaknya Anda sekarang tak perlu bingung lagi.

Komentar Anda