Apakah Mentimun Bermanfaat untuk Anjing yang Kegemukan?

Mentimun rendah kalori, kaya serat, dan sebagian besar dari beratnya berasal dari air. Oleh karenanya, bagi Anda pemilik anjing cobalah untuk mengganti camilan anjing yang terbuat dari daging dan produk daging dengan sayuran yang sehat dan alami ini. Yang perlu diketahui, mentimun ternyata sangat baik diberikan pada anjing yang menderita obesitas alias kegemukan.

Anjing dan Ketimun

Salah satu trik untuk membantu anjing kesayangan Anda menurunkan bobotnya beberapa kilogram adalah dengan mengganti seperempat dari makanannya dengan sejumlah sayuran renyah seperti seledri, wortel, dan mentimun.

Anjing senang menunjukkan bahwa ia memahami perintah Anda dan sangat suka dengan imbalan dan pujian yang Anda berikan. Jadi sebelum Anda memberikan makanan penuh sayuran pada anjing, pastikan Anda membuatnya beraktivitas dengan cara bermain game atau berjalan-jalan. Cara ini tidak hanya membantu anjing menurunkan berat badan, tetapi juga memperkuat kecintaannya pada sayuran karena sayuran menjadi bagian dari imbalannya.

Jika anjing Anda rewel dengan makanannya ketika ia sedang makan, kurangi camilannya di antara waktu makan. Idealnya, anjing dewasa perlu diberi makan hanya dua kali sehari.

Seiring dengan mentimun, Anda juga dapat menambahkan labu, kubis, tomat (tanpa biji), dan wortel masak pada makanannya.

Beberapa anjing mungkin menderita diare ringan saat makan mentimun karena tubuh mereka mencoba untuk menyesuaikan diri dengan makanan baru. Gangguan ini cenderung akan sembuh sendiri setelah beberapa hari. Namun, jika diare semakin parah, hentikan segera pemberian mentimun dan konsultasikan dengan dokter hewan sebelum memperkenalkan sayuran untuk dietnya lagi. Makan mentimun secara berlebihan juga dapat menyebabkan diare.

Komentar Anda