Amankah Memberikan Mentimun pada Anjing Peliharaan?

Jika Anda seorang pemilik anjing, Anda tentu tahu betapa sulitnya memberi makan sayuran pada anjing kesayangan Anda. Meskipun sebagian besar anjing hanya mau memakan bubur sayuran dan daging yang dimasak bersama-sama, ada beberapa sayuran yang sangat digemari anjing, salah satunya adalah mentimun.

Mentimun dan Anjing

Bagi kebanyakan dari kita, mentimun adalah sayuran yang pas untuk mendinginkan diri dari cuaca yang panas. Kaya akan nutrisi, air, dan serat, mentimun adalah tambahan yang sempurna untuk salad dan sandwich. Mentimun juga merupakan sahabat diet yang baik.

Tapi apakah sayuran ini aman untuk diberikan pada anjing Anda? Apakah mentimun mengandung zat yang dapat membahayakan anjing kesayangan Anda? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini wajar dilontarkan oleh para pemilik anjing. Namun tenang saja, karena faktanya mentimun bisa jadi merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat Anda berikan pada anjing peliharaan. Berikut beberapa manfaatnya.

Manfaat Mentimun untuk Anjing

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan membantu menjaga anjing Anda terhidrasi dengan baik. Selain itu, mentimun berperan sebagai diuretik alami dan dapat membantu membilas racun dan zat berbahaya lainnya dari sistem tubuh anjing.

Mentimun kaya akan sejumlah fitokimia yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan membantu menjaga kesehatan dengan cara memerangi radikal bebas dalam tubuh dan akan menunda proses penuaan serta membantu melawan kanker.

Mentimun kaya akan mineral seperti silika, kalium, kalsium, dan magnesium. Silika membantu menjaga sendi yang sehat, memperkuat otot dan ligamen, serta membantu penyerapan kalsium oleh tulang. Kalium diperlukan untuk melawan efek sodium dan menjaga tekanan darah. Kalsium mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan diperlukan untuk perkembangan gigi dan tulang anjing Anda. Sedangkan magnesium diperlukan untuk fungsi normal pada hampir semua proses metabolisme.

Kulit mentimun kaya akan vitamin A; Namun, disarankan untuk mengupas kulit jika mentimun tersebut bukan organik. Anda tentu tidak ingin memberi makan anjing kesayangan dengan bahan kimia berbahaya yang mungkin telah disemprotkan di atasnya. Vitamin A sangat penting untuk menjaga penglihatan yang baik, lapisan bulu yang sehat, dan memastikan pertumbuhan yang tepat dari anjing Anda.

Sayuran ini juga kaya akan vitamin C, riboflavin, niasin, vitamin B-6, dan asam folat. Vitamin ini diperlukan untuk menjaga lapisan bulu tetap sehat dan pembentukan sel darah merah.

Mengunyah mentimun akan membunuh bakteri yang tumbuh di dalam mulut anjing Anda dan oleh karena itu juga mencegah bau mulut dan melindungi gusi anjing terhadap gingivitis.

Jus mentimun dapat mencegah terjadinya pankreatitis serta merangsang pankreas untuk memproduksi insulin dalam jumlah optimal. Mentimun juga dapat menjaga kesehatan anjing yang menderita diabetes.

Sayuran ini juga mengandung sterol tertentu yang membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol darah. Mentimun juga membantu menurunkan kadar asam urat dan membantu menjaga fungsi ginjal.

Komentar Anda