7 Manfaat Memelihara Binatang bagi Kesehatan Pemiliknya

Hewan peliharaan bukan hanya sahabat yang menghibur, tapi juga dapat berkontribusi pada kesehatan pemiliknya. Memelihara hewan melibatkan sejumlah kegiatan dan proses alami yang mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan sosial bagi pemiliknya. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari memelihara binatang.

Hewan Peliharaan

1. Menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa membelai binatang dapat menurunkan tekanan darah. Reaksi ini dapat memiliki implikasi yang signifikan bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi. Memelihara hewan dan mengonsumsi obat-obatan yang sesuai dapat memberikan efek penurunan tekanan darah yang cukup untuk melindungi diri dari penyakit jantung dan stroke.

2. Hewan peliharaan adalah magnet sosial

Hewan peliharaan adalah magnet untuk interaksi sosial yang bisa menjadi bahan percakapan alami dan dapat menjadi topik bersama di antara pecinta hewan. Kemampuan untuk membuat teman baru ini dapat membantu kesehatan mental dan fisik Anda. Ia bahkan bisa meningkatkan kehidupan cinta Anda dengan membantu Anda bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama.

3. Menjaga orang tua tetap aktif

Memiliki hewan peliharaan bisa sangat penting bagi orang tua. Hewan kesayangan ini akan menjadi pendamping yang baik bagi orang tua. Merawat hewan peliharaan membantu menjaga para orang tua tetap aktif secara fisik dan aktif secara sosial. Orang tua yang memiliki satu hewan peliharaan umumnya lebih bahagia dan lebih sehat daripada rekan-rekan mereka yang tidak memelihara hewan.

4. Meredakan depresi

Menyentuh, berbicara, dan bermain dengan hewan peliharaan akan melepaskan dopamin dan endorfin, zat kimia otak yang dikenal dapat meningkatkan mood. Orang-orang yang didiagnosis menderita depresi akan memperoleh manfaat dari reaksi-reaksi biokimia yang terjadi ketika mereka berada di rumah. Hewan peliharaan menuntut perhatian dan mengalihkan perhatian orang dari pikiran negatif. Merawat mereka akan menciptakan kegiatan baru di sepanjang hari yang membuat pemiliknya tetap bergerak dan menghalau suasana hati yang buruk. Semua faktor ini membuat kepemilikan hewan peliharaan menjadi cara yang tepat bagi mereka yang berjuang melawan depresi.

5. Membantu menjaga jantung sehat

Studi menunjukkan bahwa penderita serangan jantung yang memelihara hewan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi. Hewan membantu seseorang hidup lebih lama karena bahan kimia yang bersifat menenangkan akan dihasilkan hanya dengan berinteraksi dengan hewan peliharaan. Anjing, yang harus diajak berjalan-jalan secara teratur, mendorong pemiliknya untuk lebih banyak berolahraga dan sangat baik untuk kesehatan jantung.

6. Membantu anak melawan alergi

Banyak orang tua menghindari hewan karena anak-anak mereka yang alergi. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang dibesarkan di rumah bersama binatang berbulu atau di pertanian cenderung tidak memiliki alergi dibandingkan anak yang lahir dalam lingkungan tanpa hewan peliharaan. Resistensi terhadap alergi ini berkembang hanya dengan berada di lingkungan yang sama dengan hewan, dengan cara membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

7. Mengatasi stres

Memiliki hewan peliharaan juga memberikan orang rasa cinta dan penerimaan tanpa syarat terhadap kebiasaan unik hewan. Merawat hewan akan membantu orang melupakan masalah mereka sendiri dan mengalihkan perhatian mereka, sehingga bermanfaat untuk mengurangi stres dan mengatasi kecemasan. Kemampuan unik untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stres adalah salah satu manfaat kesehatan paling penting dari memiliki hewan peliharaan.

One thought on “7 Manfaat Memelihara Binatang bagi Kesehatan Pemiliknya

  • 06/23/2015 at 11:46 am
    Permalink

    sebaiknya binatang dimandikangg etiap berapa kali per hari?
    terimakasih 😉

    Reply

Komentar Anda