Wortel Bukanlah Makanan yang Ideal untuk Kelinci

Meski hubungan antara kelinci dengan wortel berada tepat di tengah budaya pop, faktanya wortel bukanlah sumber makanan yang ideal untuk kelinci. Makanan seimbang kelinci terdiri atas jerami atau rumput dalam jumlah yang tidak terbatas, ditambah sejumlah kecil sayuran dan sayuran hijau -yang bisa termasuk pucuk wortel, tapi bukan wortel itu sendiri.

Wortel untuk Kelinci

Wortel tidak harus menjadi sumber makanan utama kelinci. Wortel dan sayuran akar lainnya, demikian juga buah, harus dianggap sebagai camilan untuk kelinci, dan Anda harus membatasi konsumsinya tidak lebih dari satu atau dua sendok makan per kelinci setiap hari. Membiarkan kelinci memakan terlalu banyak wortel dapat mengakibatkan obesitas. Kelebihan wortel bahkan dapat membahayakan kelinci, yang mengarah pada ketidaknyamanan perut atau masalah pencernaan.

Lantas mengapa wortel sangat erat kaitannya dengan kelinci? Semua itu lantaran Bugs Bunny. Selama lebih dari 70 tahun, karakter satu ini terlihat mengunyah wortel dalam segala hal, mulai dari kartun pendek hingga film. Wortel menjadi ciri khas Bugs Bunny. Kemungkinan besar, inilah yang menyebabkan kesalahan informasi turun-temurun tentang wortel dan kelinci.

Ada beberapa perdebatan tentang mengapa sang animator memberi Bugs Bunny wortel. Hal ini bisa dikaitkan dengan kebiasaan merokok cerutu dari para bintang film klasik era ’30-an dan ’40-an. Beberapa kalangan berspekulasi bahwa wortel Bugs adalah versi lain dari cerutu, sebagaimana dinikmati oleh Groucho Marx atau Clark Gable, atau rokok yang tampak selalu menggantung di sudut mulut Humphrey Bogart.

Sutradara animasi Warner Brothers, Bob Clampett, pernah menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa wortel Bugs terinspirasi oleh cara Gable berbicara sambil menghisap cerutunya dalam film klasik tahun 1934, It Happened One Night. Ada sedikit keraguan bahwa Bugs juga meminjam kutipan klasik, “Of course you realize, this means war!” milik Groucho Marx, yang jarang terlihat tanpa cerutu. Sumber lain menyatakan bahwa animator WB terinspirasi Bogie, Al Jolson, dan bintang terkenal lainnya dari periode itu.

Komentar Anda