Apakah Anjing Buta Warna?

Manusia memiliki tiga jenis sel kerucut di mata mereka dan masing-masing jenis dirancang untuk membedakan panjang gelombang tertentu dari cahaya. Gabungan ketiga jenis sel kerucut ini memungkinkan manusia untuk membedakan sepuluh juta warna atau lebih. Lantas bagaimana dengan anjing?

Anjing

Anjing dan mamalia lainnya adalah dikromat, yang berarti mereka hanya memiliki dua jenis kerucut. Ini bukan berarti bahwa anjing melihat dunia dalam warna hitam dan putih; mereka hanya bisa membedakan warna lebih sedikit daripada kebanyakan manusia. Meski hanya memiliki dua jenis sel kerucut, anjing bisa melihat sekitar 10.000 warna.

Penglihatan anjing sangat mirip dengan manusia yang buta warna merah-hijau. Sebagaimana manusia yang memiliki kondisi ini, anjing dapat dengan mudah menginterpretasikan warna dengan panjang gelombang yang lebih pendek, tetapi mungkin memiliki masalah dengan panjang gelombang yang lebih panjang. Mereka melihat spektrum kaya warna, tetapi kesulitan membedakan warna merah dan hijau, atau warna dengan komponen merah atau hijau, seperti ungu atau biru-hijau. Karena tidak dapat membedakan warna merah, mereka hanya menafsirkannya sebagai cokelat gelap.

Semua benda berwarna kuning, hijau, atau oranye muncul dalam berbagai warna kuning atau kuning-coklat. Ungu, yang terdiri atas merah dan biru, tampak seperti biru murni di mata anjing karena mereka tidak dapat menafsirkan komponen merah. Rona biru-hijau laut dan perairan lainnya akan tampak sebagai abu-abu di mata anjing Anda.

Untuk membantu Anda memahami hal ini, gunakan singkatan ‘mejikuhibiniu’ yang biasa digunakan untuk membantu anak-anak mengingat warna pelangi. Sementara rata-rata manusia dapat melihat spektrum warna penuh dari merah hingga ungu, pelangi terlihat sedikit berbeda untuk anjing. Alih-alih secara bertahap warna bertransisi dari merah ke jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu, spektrum yang dilihat anjing dimulai dari cokelat tua, bertransisi menjadi cokelat muda, kuning, abu-abu, biru muda, kemudian biru tua.

Jadi, ketika Anda hendak membelikan sesuatu untuk anjing Anda, misalnya mainan, perhatikan juga warnanya. Jangan pilih warna merah terang, kerena bagi anjing yang terlihat adalah warna cokelat lumpur. Sebaliknya, selalu pilih warna-warna seperti biru atau kuning yang benar-benar dapat dipahami oleh anjing Anda.

Komentar Anda