Wow, Thailand Temukan 739 Gading Gajah Afrika

Petugas bea cukai di Thailand menyita 739 gading gajah Afrika yang beratnya sekitar empat ton. Para pejabat mengumumkan bahwa penyitaan ini -salah satu yang terbesar yang pernah tercatat- dilakukan pada Senin (20/4). Pengiriman dilacak dari Republik Demokratik Kongo, yang dikirim dua bulan lalu, hingga ke pelabuhan di Bangkok. Gading-gading itu akan dibawa menuju Laos.

Gading Gajah

“Memindahkan kiriman seberat empat ton dari belahan dunia bukanlah usaha sepele,” kata Richard Thomas, koordinator komunikasi global TRAFFIC International di London, sebuah organisasi pemantau perdagangan satwa liar, kepada Voice of America.

“Pengiriman semacam ini sangat kuat terindikasi sebagai sebuah kejahatan yang terorganisir,” imbuh Richard. Gading-gading mamalia besar itu disembunyikan dalam kantong kacang dan memiliki nilai sekitar enam juta dolar AS.

“Pihak berwenang Thailand tentu harus diberi ucapan selamat atas temuan yang sangat penting ini. Tapi temuan ini juga menggarisbawahi betapa serius sifat kegiatan ilegal ini,” ujar Richard. Kita semua tentu berharap semoga kegiatan eksploitasi gading binatang langka ini bisa diperangi semaksimal mungkin.

Komentar Anda