Hujan Cacing Tanah di Norwegia, Ilmuwan Dibikin Bingung

Ribuan cacing tanah menghujani beberapa tempat di Norwegia, membuat para ilmuwan bingung dengan kemunculan makhluk invertebrata berlendir tersebut di atas tanah yang tertutup salju. Guru biologi, Karstein Erstad, menemukan hal itu ketika ia berski di pegunungan di luar kota pesisir Bergen.

Cacing tanah

Pada awalnya ia berpikir bahwa cacing-cacing itu merangkak ke atas salju dari tanah di bawah, tapi ia kemudian menyadari bahwa salju terlalu dalam. Kenyataannya, cacing-cacing itu jatuh dari langit.

“Ketika saya menemukan mereka di salju, mereka tampaknya mati, tetapi ketika saya menaruh mereka di tangan saya, saya tahu bahwa mereka masih hidup,” katanya. “Di banyak tempat, ketebalan salju antara setengah meter sampai satu meter dan saya pikir mereka akan kesulitan merangkak melalui salju yang dingin.”

Erstad mengambil sampel untuk Trond Haraldsen, seorang ahli lingkungan di lembaga penelitian Bioforsk di Norwegia. “Ini adalah fenomena yang cuma kita ketahui dari literatur, tapi ini adalah pertama kalinya bagi saya sebagai seorang ilmuwan mendapat pesan bahwa hal itu terjadi di salju,” ujar Haralson kepada Bergens Tidende.

Sejak kejadian langka itu, laporan tentang hujan cacing tanah juga datang dari daerah lain di negara itu hingga sejauh perbatasan dengan Swedia. Para ahli menduga cacing-cacing tersebut kemungkinan terangkat ke udara oleh sistem cuaca dan tertiup bermil-mil jauhnya dari tempat mereka semula.

Komentar Anda