Lima Cara Menjaga Mata dari Segala Kerusakan dan Penyakit

Banyak orang cukup beruntung karena tidak mengembangkan gangguan degenerasi retinal, tapi itu tidak berarti bahwa mata mereka kebal terhadap segala kerusakan dan penyakit. Sejumlah besar kerusakan mata dapat dicegah, tetapi langkah-langkah apa yang dapat diambil untuk memastikan hal ini?

Kesehatan Mata

National Eye Institute (NEI) menunjukkan sejumlah langkah sederhana yang dapat diambil untuk memastikan mata Anda senantiasa sehat:

1. Jangan merokok. Merokok telah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula terkait usia.

2. Makan makanan seimbang dan jaga berat badan yang sehat.

3. Bersihkan tangan dan lensa kontak dengan benar untuk mengurangi risiko infeksi mata.

4. Cari tahu tentang sejarah kesehatan mata keluarga Anda. Banyak gangguan mata berat seperti retinitis pigmentosa bersifat turun-temurun. Mengetahui risiko Anda terkena gangguan tersebut dapat membantu Anda untuk lebih menjaga kesehatan mata.

5. Lakukan pemeriksaan mata yang komprehensif. Satu-satunya cara untuk benar-benar yakin tentang kesehatan mata adalah dengan mengunjungi klinik perawatan mata profesional.

WHO menyatakan bahwa selama 20 tahun terakhir telah ada kemajuan yang signifikan dalam mencegah dan menyembuhkan gangguan penglihatan di banyak negara di seluruh dunia. Pada tahun 2013, World Health Assembly menyetujui Action Plan 2014-19 tentang akses universal pada kesehatan mata. Tujuan dari program ini adalah untuk mengurangi kerusakan mata yang dapat dihindari sebanyak 25% pada tahun 2019.

Komentar Anda