10 Fakta Paling Mengherankan Tentang Kecoa

Sebagian besar dari kita mungkin jijik dengan binatang satu ini. Kehadirannya di rumah dianggap mengganggu dan harus dibasmi dengan cara apapun. Kecoa bukanlah binatang yang sederhana. Makhluk kecil ini memiliki banyak fakta menarik yang bisa diungkap. Beberapa fakta tentang kecoa berikut ini mungkin akan mengejutkan Anda. Mari kita simak bersama-sama.

Kecoa

LINE

1. Sebagian besar kecoa bukanlah hama

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata kecoa? Bagi kebanyakan orang, kecoa adalah binatang kotor dan menjijikkan yang suka berkeliaran di rumah atau bahkan apartemen. Sebenarnya, sangat sedikit spesies kecoa yang menghuni tempat tinggal manusia. Setidaknya ada sekitar 4.000 spesies kecoa di planet ini, tapi hanya sekitar 30 spesies yang dapat dianggap hama. Kebanyakan kecoa menghuni habitat alam seperti di hutan, gua, lubang, atau semak-semak.

2. Kecoa bisa makan apa saja dan dapat bertahan hidup tanpa makanan dalam jangka waktu yang lama

Kecoa adalah pemakan segala. Meski sebagian besar kecoa lebih menyukai manisan, dalam keadaan darurat mereka akan makan apa saja: lem, lemak, sabun, kulit, binding buku, atau bahkan rambut. Lebih parah lagi, kecoa bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama tanpa makanan. Beberapa spesies dapat hidup selama 6 minggu tanpa makan! Keistimewaan kecoa ini membuatnya sulit untuk dibasmi di rumah kita. Tapi di alam, kecoa melakukan tugas penting dengan mengonsumsi sampah organik. Kecoa adalah pengumpul sampah di habitat mereka.

3. Kecoa sudah berjalan di bumi selama ratusan juta tahun

Jika Anda bisa melakukan perjalanan kembali ke Periode Jurassic dan berjalan di antara dinosaurus, Anda akan dengan mudah menemukan kecoa merangkak di bawah kayu dan batu di hutan prasejarah. Kecoa modern pertama kali muncul sekitar 200 juta tahun yang lalu. Leluhurnya, kecoa primitif, muncul lebih awal, sekitar 350 juta tahun yang lalu selama Periode Carboniferous. Catatan fosil menunjukkan bahwa kecoa Paleozoic memiliki ovipositor eksternal, suatu ciri yang menghilang selama Era Mesozoic.

4. Kecoa suka disentuh

Kecoa adalah thigmotropis, yang berarti mereka suka merasakan sesuatu yang padat berkontak dengan tubuh mereka, di semua sisinya. Mereka mencari celah dan retakan, dan akan menekankan diri ke dalamnya untuk merasakan kesempitan yang pas dan nyaman. Kecoa Jerman kecil dapat masuk ke dalam celah setipis uang receh 10 sen dolar, sedangkan kecoa Amerika yang lebih besar mampu menyusup ke ruangan yang tidak lebih tebal dari koin 25 sen dolar. Bahkan kecoa hamil dapat masuk ke celah setipis dua uang koin lima sen dolar.

5. Kecoa menetaskan telurnya di kantung atau kapsul yang disebut oothecae

Induk kecoa melindungi telur-telurnya dengan membungkusnya dalam kantung pelindung tebal yang disebut ootheca. Kecoa Jerman dapat membungkus sebanyak 40 telur dalam satu ootheca, sedangkan kecoa Amerika yang lebih besar rata-rata mengisi sekitar 14 telur per kapsul. Seekor kecoa betina dapat menghasilkan beberapa kantung telur selama hidupnya. Pada beberapa spesies, induk akan membawa ootheca bersamanya sampai telur siap menetas. Pada spesies lainnya, betina akan menjatuhkan ootheca, atau melekatkannya pada substrat.

Next

Komentar Anda