Fakta dan Informasi Tentang Anjing Basset Hound

Bagi Anda yang sedang mencari anjing keluarga atau anjing pendamping yang sempurna, maka Basset Hound adalah jawabannya. Sering disebut sebagai “Basset”, anjing ini ramah terhadap anak-anak dan setia pada pemiliknya. Kekurangannya hanyalah Basset bukanlah anjing penjaga yang baik, dan Anda harus memiliki kesabaran, ketegasan, dan konsisten dengan aturan ketika melatih anjing ini.

Basset Hound

Bertentangan dengan penampilannya yang tampak sedih dan depresi, Basset Hound sebenarnya sangat aktif dan menyenangkan (terutama di sekitar anak-anak), tetapi membutuhkan ruangan yang cukup untuk dijelajahi. Penampilan Basset yang lembut, manis, dan sedih berasal dari beberapa lipatan kulit longgar yang menggantung di kepalanya.

Mata cokelat dan perawakan pendek gemuknya adalah ciri khas yang membedakannya dengan kebanyakan peranakan lainnya. Jangan tertipu dengan kaki pendeknya sebab anjing ini dapat mencapai sebagian besar benda yang diletakkan di meja tinggi, terutama jika itu adalah makanan.

Meskipun mereka secara alami adalah pemburu yang baik (hanya kalah dari sepupu mereka Bloodhound), Basset bukanlah perenang yang baik karena berat badan mereka mengalahkan kaki pendek mereka. Ketika berada di sekitar air, Anda harus terus mengawasi Basset untuk memastikan keamanannya.

Basset Hound umumnya ditemukan dengan lapisan bulu berwarna putih, hitam, cokelat, merah, atau kombinasi dari semua warna di atas. Beberapa Basset juga memiliki marking berwarna cokelat pada lapisan bulu putihnya.

Sejarah

Sebagai salah satu dari enam peranakan Basset yang diakui di Perancis, Basset Hound awalnya dibesarkan sebagai anjing pemburu. Karena indera penciumannya yang tajam dikombinasikan dengan kaki pendeknya, Basset menjelma menjadi anjing pemburu kelinci yang sempurna karena bisa mencium aroma kelinci dengan perlahan sehingga pemburu bisa melacak jejak kaki kelinci.

Perawatan

Meskipun memiliki bulu halus dan pendek, Basset banyak merontokkan bulunya. Anda harus memandikannya setidaknya setiap bulan. Daerah di sekitar kepala dan di bawah telinga harus dibersihkan mingguan. Kuku juga harus dipotong secara teratur.

Perangai

Basset Hound adalah anjing yang setia, lembut, dan cerdas. Meskipun hampir selalu berperilaku baik, anjing ini dapat menjadi ganas atau murung, terutama ketika pemilik tidak menunjukkan otoritasnya pada anjing ini dengan benar. Meskipun sulit untuk diajari buang hajat, Anda masih bisa mengajarinya lewat pendekatan yang positif. Jangan gunakan hukuman keras dan ketat saat melatih Basset. Sebagai anjing yang ramah, penuh kasih, manis, dan setia, Basset Hound bisa menjadi teman yang baik untuk anak-anak.

Tinggi dan berat badan

Pejantan tingginya antara 30 sampai 38 cm, dan berat antara 22-30 kilogram. Betina antara 27 sampai 35 cm tingginya dengan berat antara 20 sampai 27 kilogram.

Harapan hidup

Basset Hound memiliki harapan hidup rata-rata antara 10 sampai 12 tahun jika mereka dirawat dengan benar. Jangka hidup peranakan ini dapat menjadi singkat jika kelebihan berat badan (karena kebanyakan diberi makan).

Komentar Anda