Apakah Binatang Juga Bisa Melakukan Bunuh Diri?

Film dokumenter Disney tahun 1958 berjudul White Wilderness mempopulerkan gagasan bahwa lemming terkadang melakukan bunuh diri secara masal, terjun dari tebing pantai untuk menenggelamkan diri di lautan dan mengurangi ledakan populasi. Akibatnya, generasi anak-anak tumbuh dengan keyakinan bahwa bunuh diri juga ada dalam kerajaan binatang. Namun faktanya, binatang tidak melakukan bunuh diri.

Lemming
Lemming

Bunuh diri adalah “tindakan mengambil nyawa sendiri secara sukarela dan sengaja,” menurut Merriam-Webster, dan sebagian besar ahli tidak percaya hewan mampu melakukan perbuatan seperti itu. Meski demikian, tidak berarti bahwa hewan tidak bisa mati dengan cara misterius yang mungkin terlihat seperti bunuh diri.

Jika hewan akuatik melepaskan diri dari lingkungan berair, misalnya, hal itu dapat terlihat seperti tindakan bunuh diri bagi orang awam. Tetapi para ahli cenderung menghubungkan keterdamparan semacam itu dengan beberapa faktor, seperti penyakit, cedera, usia, atau hilangnya kemampuan navigasi. Misalnya, seekor paus yang terdampar bisa jadi karena mengejar mangsanya terlalu dekat ke pantai, atau karena beberapa alasan lainnya.

Fenomena lainnya adalah perilaku yang merugikan diri sendiri (self-injurious behavior/SIB). Penyebab pasti SIB tidak diketahui dan kemungkinan bervariasi dari kasus ke kasus, tetapi faktor-faktor yang berpotensi menyebabkan SIB antara lain stres, isolasi, takut, penyakit, kekurangan gizi, dan kebosanan. Burung, misalnya, bisa mencabuti beberapa atau semua bulu mereka, terkadang benar-benar menggunduli diri hingga kemudian mematuki daging mereka sendiri. Primata bisa menggigit diri sendiri, dan anjing serta kucing bisa menjilat secara berlebihan.

Tindakan ini diduga dilakukan untuk menghasilkan sensasi menenangkan yang membantu hewan mengatasi situasi mereka, tetapi juga dapat menjadi ancaman bagi kesehatan hewan, tergantung pada tingkat keparahannya. Dengan demikian, jelaslah sudah bahwa kisah binatang yang bisa melakukan bunuh diri hanyalah mitos belaka.

Komentar Anda