Mengenal Sumber dan Fungsi Vitamin D

Vitamin digolongkan ke dalam dua kategori: larut dalam air atau larut dalam lemak. Kelebihan vitamin yang larut dalam air bisa dibuang oleh tubuh lewat urin. Di sisi lain, vitamin yang larut dalam lemak memerlukan lemak untuk pelepasan, penyerapan, transportasi, dan penyimpanan dalam tubuh. Dan sebagai vitamin yang larut dalam lemak, D3 utamanya akan disimpan dalam jaringan hati, lemak, dan otot -yang berarti kelebihan vitamin ini dapat menjadi racun bagi tubuh Anda.

Vitamin D

Sumber makanan

Vitamin D sebenarnya adalah kelompok senyawa terkait yang berperilaku seperti hormon. Dua jenis vitamin D secara alami ada dalam makanan manusia: D2 dan D3. Vitamin D2 utamanya ada pada tanaman, sedangkan produk hewani merupakan sumber utama dari D3. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D2 dalam makanan yang diperkaya seperti susu dan sereal.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 600 IU vitamin D per hari, meskipun RDA mengubahnya menjadi 800 IU sehari setelah Anda mencapai usia 70 tahun. Karena larut dalam lemak, vitamin D memiliki batas atas toleransi, yaitu 4.000 IU setiap hari untuk semua orang yang berusia di atas 9 tahun.

Sumber fisiologis

Kulit secara alami membuat vitamin D3 saat terkena sinar matahari. Namun, sejumlah faktor dapat mempengaruhi kemampuan kulit untuk melakukannya, seperti asap, penggunaan tabir surya, awan, pakaian, dan kaca jendela. Menurut data University of Maryland Medical Center (UMMC), orang berkulit putih membutuhkan sekitar 45 menit paparan sinar matahari mingguan untuk mendapatkan pasokan vitamin D yang cukup, sementara orang-orang yang berkulit gelap memerlukan waktu empat kali lebih lama.

Menurut UMMC, Anda tidak dapat mengalami overdosis vitamin D dari sinar matahari, dan Anda juga sulit overdosis dari sumber makanan. Sebaliknya, perhatikan suplemen vitamin D Anda untuk memastikan Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

Fungsi

Vitamin D membantu mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh. Fosfor berfungsi dalam produksi energi dan bergabung dengan kalsium untuk memberi struktur pada tulang, membuat vitamin D penting untuk membangun dan memelihara kekuatan tulang. Vitamin D juga membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, yang merupakan mesin untuk melawan penyakit.

Pencegahan penyakit

Menurut UMMC, memasok tubuh dengan vitamin D3 yang cukup dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang serius, seperti tulang rapuh, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, multiple sclerosis, dan beberapa jenis kanker. Namun, karena kelebihan vitamin D akan disimpan dalam jaringan lemak tubuh, Anda harus memperhatikan label nutrisi, terutama jika Anda menggunakan suplemen. Dosis berlebihan vitamin D dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, muntah, diare, kelemahan, dan perubahan mental.

Komentar Anda