Earphone Bisa Sebabkan Tuli Permanen dan Infeksi Telinga

Jika Anda mendaftar manfaat earphone, Anda mungkin bisa menuliskan banyak hal. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mendengarkan musik sambil bekerja, mengerjakan tugas, atau bahkan sambil menunggu bus yang sangat lama. Anda juga dapat menggunakan earphone jika speaker televisi atau komputer rusak. Namun, betapapun hebatnya earphone, ada beberapa dampak buruk yang mengancam Anda.

Earphone

Gangguan Pendengaran

Salah satu efek samping mendengarkan musik keras adalah gangguan pendengaran. Menurut Dr. Brian Fligor, direktur Diagnostic Audiology di Boston Children’s Hospital, orang yang mendengarkan musik pada volume lebih dari 90 desibel dapat menderita gangguan pendengaran sementara. Suara dalam kisaran ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen, terutama bagi mereka yang mengenakan earphone untuk jangka waktu yang lama.

Rentang Desibel

Desibel adalah pengukuran kenyaringan. Jika Anda mendengarkan musik pada volume yang wajar, Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika Anda mendengarkan musik pada volume tertinggi, Anda harus mulai berhati-hati. Jika Anda mendengarkan musik menggunakan earphone pada 85 desibel selama delapan jam sehari, Anda bisa mendapatkan gangguan pendengaran permanen. Pada 88 desibel, Anda bisa mendapatkan hasil yang sama hanya dengan empat jam mendengarkan musik. Dan yang terparah, Anda bisa kehilangan pendengaran hanya dalam 15 menit jika Anda mendengarkan musik pada 100-105 desibel.

Infeksi Telinga

Karena earphone yang dibuat untuk dua telinga, bisa jadi seseorang akan menggunakannya bersama orang lain. Menurut Manchester Evening News, penggunaan reguler earphone dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya, dan berbagi atau meminjamkan earphone bisa menyebabkan transfer bakteri dari orang lain ke telinga Anda. Pemimpin penelitian, Dr. Chiranjay Mukhopadhyay, menyarankan semua orang untuk menghindari berbagi earphone. Jika tidak bisa, usahakan untuk membersihkan earphone sebelum menggunakannya.

Tips dan Peringatan

Jangan menggunakan earphone yang dimasukkan langsung ke lubang telinga Anda, karena meskipun earphone jenis ini dapat membuat musik terdengar lebih baik, kemungkinan gangguan pendengaran juga akan meningkat. Anda juga harus mencoba mengambil 5 menit istirahat setiap jam. Cara ini akan membantu telinga Anda pulih setelah dibombardir gelombang suara yang terkonsentrasi. Terakhir, jika Anda dapat menggunakan speaker pada tingkat suara moderat, sebaiknya lakukan itu karena speaker akan menyebarkan gelombang suara dan tidak menimbulkan banyak kerusakan langsung pada gendang telinga Anda.

Komentar Anda