Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 6 April

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 6 April:

Kilas Balik Februari

2004: Pemerintah China memutuskan bahwa meskipun Hong Kong bisa mengubah undang-undang pemilunya sendiri yang dimulai pada tahun 2007 (sepuluh tahun setelah restorasi bekas koloni Inggris itu pada China), perubahan harus disetujui oleh Beijing.

2003: Selama Perang Irak, pasukan Inggris memasuki kota Basra, mengamankan sebagian besar wilayah di kota selatan paling penting di Irak itu.

1994: Sebuah pesawat yang membawa Presiden Rwanda Juvénal Habyarimana dan Presiden Burundi Cyprien Ntaryamira ditembak jatuh di atas Kigali, kemungkinan besar dilakukan oleh ekstrimis Hutu; segera setelah itu, pembantaian terorganisir terhadap orang Tutsi Rwanda dan Hutu moderat dimulai.

1991: Sebagai buntut dari Perang Teluk Persia, Irak yang kalah menerima resolusi PBB yang meminta negara itu mengakhiri produksi “senjata pemusnah massal” dan masuk dalam pemantauan tim pemeriksa senjata PBB (UNSCOM).

1965: Early Bird, satelit komunikasi komersial pertama, diluncurkan dari Cape Kennedy.

1917: Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jerman dan memasuki Perang Dunia I; tindakan ini diawali dari ditenggelamkannya beberapa kapal AS oleh kapal selam Jerman dan intersepsi telegram Zimmermann, yang menunjukkan bahwa Jerman akan mencari aliansi dengan Meksiko untuk berperang melawan Amerika Serikat.

1909: Robert Peary mencapai Kutub Utara, menurut klaimnya sendiri.

Komentar Anda