Pengertian Diet Wortel dan Beberapa Jenisnya

Diet wortel adalah jenis diet yang hanya menggunakan wortel untuk menurunkan berat badan. Ketika mengikuti diet wortel dasar, pelaku diet tidak makan apa-apa kecuali salad wortel yang dibuat dari wortel dan satu buah pilihannya selama beberapa hari. Dengan diet jus wortel, yang juga dianggap sebagai diet detoksifikasi, pelaku diet akan minum jus wortel, air, dan teh hijau selama tiga sampai tujuh hari.

Jus Wortel

Jika Anda ingin melakukan diet wortel tapi enggan mengubah menu makanan secara drastis, maka diet satu wortel adalah pilihan yang tepat. Caranya, makanlah satu wortel mentah sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam. Ini akan membantu Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak akan mengonsumsi banyak makanan.

Mereka yang mengikuti diet wortel dasar tidak akan makan apa-apa kecuali wortel selama tiga hari. Ada banyak variasi diet ini, salah satunya adalah diet yang melibatkan “salad wortel” yang terdiri atas wortel parut, air jeruk nipis, madu, dan buah pilihan pelaku diet. Salad wortel dimakan tiga kali sehari. Di sisa hari, pelaku diet hanya minum air atau teh hijau.

Banyak orang kehilangan berat badan setelah melakukan diet wortel ini. Akan tetapi, mereka juga mengakui bahwa makan satu jenis makanan selama tiga hari sangatlah membosankan dan monoton. Juga, orang yang mengonsumsi banyak wortel menemukan kulitnya sedikit berubah warna menjadi oranye atau kekuningan.

Variasi lain dari diet wortel adalah minum segelas jus wortel setiap dua atau tiga jam. Selain membantu pelaku diet menurunkan berat badannya, jenis program ini juga dapat membantu membersihkan racun dari tubuh. Diet jus wortel dapat berlangsung dari tiga sampai tujuh hari. Para ahli mengingatkan bahwa diet detoksifikasi semacam ini tidak harus berlangsung selama lebih dari tujuh hari. Tubuh dapat mulai menderita efek samping karena kekurangan nutrisi yang ada dalam makanan lain.

Dengan demikian, diet satu wortel rasanya lebih mudah dijalani ketimbang jenis diet wortel lainnya. Banyak manfaat yang didapat dari diet satu wortel. Yang paling jelas, pelaku diet bisa menyerap banyak gizi dari wortel yang ia makan. Wortel mengandung beta karoten, kalsium, vitamin C, dan antioksidan. Juga, mengonsumsi wortel sebelum makan akan membantu perut Anda kenyang, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

Komentar Anda