Jangan Sampai Kertas Dokumen Anda Menguning

Entah kertas Anda adalah berupa lembaran, koran, majalah, atau buku, kertas akan berubah menjadi kuning karena usia. Jika Anda seorang kolektor buku atau Anda ingin mempertahankan keawetan kertas surat atau dokumen selama bertahun-tahun, perubahan warna ini bisa membuat frustasi.

Kertas kuning

Meskipun menguning adalah proses alami saat kertas semakin menua, Anda dapat memperlambatnya dengan perawatan yang tepat. Dengan mengikuti beberapa langkah mudah ini, Anda dapat mewariskan surat atau dokumen Anda ke generasi selanjutnya

Berikut beberapa caranya:

1. Jauhkan kertas Anda dari sinar matahari. Sinar ultraviolet dalam cahaya bisa menembus kertas, menguningkan dan memudarkannya.

2. Jaga agar kertas Anda bebas dari debu dan kotoran karena debu yang mengendap di atas kertas akan membuat kertas menjadi kuning.

3. Simpan kertas Anda di tempat yang kering. Hindari menyimpan buku dan kertas di loteng atau ruang bawah tanah karena kedua tempat itu biasanya basah dan lembab. Namun, area penyimpanan yang terlalu kering juga akan menyebabkan kertas menjadi kuning.

4. Simpan kertas dalam kotak dokumen khusus yang bebas asam untuk menjaganya selalu dalam kondisi baik.

Komentar Anda