Apakah Memakai Headphone Bisa Membuat Tersambar Petir?

Beberapa dari kita mungkin sangat getol menggunakan headphone yang dicolokkan ke MP4 player, smartphone, atau iPod. Kita biasa memasang headphone di telinga sambil berjalan-jalan, naik bus, menunggu antrian, dan lain sebagainya. Headphone memang membuat kita terlihat semakin bergaya. Tapi ada mitos bahwa mengenakan headphone bisa membuat kita tersambar petir ketika hujan deras disertai petir dan kilat datang. Benarkah demikian?

Headphone

Faktanya hal itu tidaklah benar. Memakai headphone sama sekali tidak menjadikan Anda target sambaran petir. Bagi petir, ketinggian adalah target utamanya, bukan aksesoris seperti headphone. Sebagaimana di bahas dalam artikel ini, petir cenderung menyambar tempat yang tinggi seperti gedung Empire State Building di AS. Semakin dekat Anda dengan langit, semakin besar kemungkinan Anda tersambar.

Jadi selama Anda berada pada ketinggian kurang dari 100 kaki atau 30 meter, menggunakan headphone saat petir mengamuk di langit tidaklah masalah. Anda tetap bisa memutar lagu-lagu kesayangan di gadget tanpa perlu khawatir menjadi sasaran petir.

Bahkan menariknya, kabel headphone bisa jadi malah sangat membantu ketika Anda tersambar petir di ketinggian. Pasalnya, kabel bisa mengalihkan sebagian arus petir di sekitar tubuh bagian atas dan menjauh dari jantung Anda. Anda mungkin masih akan mendapatkan sejumlah luka bakar kecil, tapi itu lebih baik daripada tubuh Anda benar-benar hangus tersambar petir. Yang terbaik, ketika petir masih menyambar-nyambar, segera cari tempat perlindungan yang aman.

Komentar Anda