Cara Termudah Menjaga Buku Agar Tak Menguning

Jika Anda seorang pecinta buku atau memiliki banyak buku, sudah pasti Anda harus menjaganya baik-baik karena buku merupakan benda yang cukup rapuh. Meski begitu, buku menyimpan segudang informasi dan ilmu yang bisa diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, Anda harus merawat buku dengan seksama, salah satu caranya adalah dengan mencegah agar kertas-kertas dalam buku tidak menguning. Berikut tiga tips singkatnya untuk Anda.

Buku Menguning

1. Simpan buku jauh dari sinar matahari langsung. Sinar UV matahari akan memudarkan sampul buku dan merusak halaman kertas, membuatnya menguning dari waktu ke waktu.

2. Hindari menaruh buku-buku di lokasi berkelembaban tinggi, seperti di ruang bawah tanah atau loteng. Kelembaban udara yang tinggi dengan peningkatan kadar air dalam udara akan merusak kertas. Demikian juga, daerah dengan kelembaban rendah akan mengeringkan kertas, membuat kertas menjadi kuning dan robek.

3. Pastikan buku disimpan di daerah dengan sirkulasi udara baik, seperti di ruang keluarga atau perpustakaan di rumah. Jika buku disimpan di dekat dinding, pastikan untuk memberi jarak setidaknya tiga inci antara halaman buku dengan dinding agar sirkulasi udara lancar. Jika buku disimpan di dalam lemari, lemari harus berjarak tiga inci dari dinding. Sisakan jarak satu atau dua inci antara buku dengan dinding di belakang lemari untuk menciptakan sirkulasi udara yang tepat.

2 thoughts on “Cara Termudah Menjaga Buku Agar Tak Menguning

  • 08/24/2016 at 3:37 pm
    Permalink

    Kalau taruh didalam kardus, tapi bukan diloteng bisa menguning ga ?

    Reply
  • 12/24/2016 at 10:22 am
    Permalink

    Buku baru-baru disimpan dalam lemari kayu tertutup, tahu-tahu menguning. Huffff…sayang

    Reply

Komentar Anda