10 Fakta yang Mungkin Tak Anda Ketahui Tentang eBay

Jika Anda termasuk orang yang aktif di dunia internet, terutama perdagangan online, pasti tak asing dengan situs eBay. Situs milik eBay Inc. yang berlokasi di San Jose, California, ini menawarkan beragam item untuk dijual di seluruh dunia. Yang membedakan dengan situs-situs lainnya, eBay menggunakan sistem lelang online di mana setiap penjual dan pembeli bisa menentukan harga sendiri hingga lelang ditutup. Kini saatnya kami membagikan 10 fakta paling menarik tentang eBay yang jarang diketahui.

Kantor eBay

1. Salah satu item pertama yang dijual di eBay sesaat setelah peluncurannya di awal September 1995 adalah laser pointer yang rusak. Ketika pendiri eBay, Pierre Omidyar, mengemail orang yang membeli laser pointer yang rusak itu seharga $14,83 ($22,40 sekarang) untuk memastikan ia tahu bahwa benda tersebut rusak, orang itu mengatakan kepadanya, “Saya seorang kolektor laser pointer yang rusak.” Item awal lainnya yang terjual di eBay antara lain sepasang pakaian dalam Marky Mark (alias Mark Wahlberg) yang bertandatangan, yang laku seharga $400, Toyota Tercel ($3,200), dan lunchbox superman ($22).

2. Meski eBay umumnya terkait dengan lelang, pada kenyataannya sebagian besar item (lebih dari 70%) yang terjual saat ini dibeli melalui fitur “Buy It Now.”

Pierre Omidyar
Pierre Omidyar

3. Ketika pertama kali didirikan, eBay tidak disebut eBay, melainkan AuctionWeb. Tampilan asli situs ini sangat mirip dengan Craigslist hari ini. Jadi mengapa situs ini disebut eBay sekarang? AuctionWeb hanyalah salah satu dari empat situs yang dijalankan Omidyar di bawah eBay Internet, sebuah domain yang dibelinya sebelum AuctionWeb. Ia awalnya ingin menyebutnya “EchoBay,” tapi domain itu sudah diambil oleh perusahaan pertambangan Kanada, jadi ia menyingkatnya.

Hal-hal lain yang dapat Anda temukan di bawah payung eBay adalah sebuah laman tentang virus Ebola, sebuah situs agen perjalanan kecil, dan sebuah situs pembelanja pribadi. Dalam tujuh bulan setelah peluncuran AuctionWeb, pendapatan yang masuk melebihi pendapatan Omidyar di General Magic, jadi ia berhenti untuk mendedikasikan waktunya untuk proyek sampingan kecilnya itu.

Sekitar satu setengah tahun kemudian, pengguna umum dan banyak orang di media menyebutnya “eBay,” bukan AuctionWeb, sehingga Omidyar mengubah namanya. Pada saat yang sama di bulan September 1997, ia juga mengubah tampilan situs menjadi sangat berbasis grafis.

4. Penyanyi-penulis lagu asal Inggris, James Hillier Blount, alias James Blunt, pernah melelang adiknya di eBay. Mengapa? Ia memberi pernyataan dalam sebuah wawancara dengan GQ, “Saya mendatangi flat adik saya dan ia menangis karena tidak bisa pergi ke acara pemakaman di Irlandia. Pesawat tidak jalan, feri tidak ada, dan kereta juga tidak ada. Saya akhirnya bergegas ke eBay: “Damsel dalam kesulitan mencari ksatria berbaju baja! Ia sangat ingin pergi ke pemakaman di Irlandia selatan, tolong bantu!” Tawaran membanjir dan pemenangnya memiliki helikopter. “Kisah itu semakin indah,” kata Blunt, “Itu adalah tiga tahun yang lalu. Musim panas ini mereka akan menikah. ”

5. Dalam beberapa tahun terakhir, pembelian item melalui ponsel di eBay melonjak, dan salah satu item paling mahal saat ini yang dibeli melalui perangkat mobile adalah pesawat Malibu PA-46-310P seharga $265.000.

6. Sebelum pesawat ulang-alik dipensiunkan, NASA menggunakan eBay dan situs serupa lainnya untuk memperoleh benda-benda tua seperti chip Intel 8086 dan floppy disk drive yang sudah tidak dibuat lagi, tetapi sangat penting untuk menjaga hardware pendukung pesawat ulang-alik tetap bekerja. Tanpa bagian-bagian itu, pesawat ulang-alik terpaksa harus berhenti sementara karena NASA mendesain ulang sistem yang sangat mahal, seperti penggantian sistem pemeriksaan otomatis booster seharga $20 juta yang menggunakan teknologi modern.

7. Item paling mahal sampai saat ini yang pernah dijual di eBay adalah kapal pesiar sepanjang 405 kaki seharga $168 juta pada tahun 2006, yang dibeli oleh miliarder Rusia Roman Abramovich. Lelang secara teknis berakhir pada angka $85 juta, namun itu hanya untuk uang muka, menurut perusahaan pialang Fort Lauderdale yang menangani rincian akhir dari penjualan ini.

8. Benda termahal kedua yang dijual di eBay sampai saat ini adalah salah satu jet pribadi Tyler Jet, yaitu Gulfstream II, dengan harga $4.9 juta.

9. Ketika saham eBay dilempar ke publik dengan harga yang disarankan adalah $18 per saham (tapi akhirnya melonjak menjadi $53,50 pada hari pertama), 30 karyawan perusahaan ini pada saat itu langsung melakukan tarian conga (tarian asal Kuba) di sekitar kantor. Para penerima keuntungan terbesar dari penawaran publik ini adalah Omidyar, yang saat ini bernilai sekitar $8.7 milyar, dan CEO pertama perusahaan, Meg Whitman, yang memiliki kekayaan bersih sedikit di bawah $2 milyar saat ini.

10. Meski eBay didirikan di Amerika, orang Inggris tercatat sebagai pembeli item per kapita terbesar di eBay ketimbang bangsa-bangsa lain.

Komentar Anda