Benarkah Cuka Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Cuka konon bisa membantu orang menurunkan berat badan dengan cara menekan nafsu makan dan memodifikasi cara tubuh menggunakan lemak dan karbohidrat. Namun, data ilmiah tentang hubungan antara cuka dengan penurunan berat badan masih sedikit dan bersifat pendahuluan. Studi laboratorium dan klinis yang lebih mendasar masih diperlukan sebelum teori ini bisa dibuktikan.

Cuka

Cara cuka membantu menurunkan berat badan masih belum jelas, namun ada tiga teori mekanisme yang paling masuk akal:

1. Cuka meningkatkan metabolisme basal sehingga Anda bisa membakar (mengoksidasi) lebih banyak lemak.

2. Cuka mengurangi nafsu makan dengan menimbulkan perasaan kenyang di sepanjang hari sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

3. Cuka mempengaruhi pencernaan, penyerapan, dan metabolisme karbohidrat.

Para peneliti belum bisa membuktikan atau menjelaskan dengan persis bagaimana cuka bisa membawa tiga perubahan tersebut.

Cuka banyak digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk kepentingan untuk meneliti secara aktif manfaat kesehatannya. Hanya sedikit penelitian tentang efek cuka pada metabolisme lemak, penurunan berat badan, atau nafsu makan, tetapi ada penelitian yang menunjukkan cuka bisa mempengaruhi metabolisme karbohidrat kompleks serta tingkat gula darah dan insulin. Beberapa teori dan asumsi tentang pengaruh cuka terhadap berat badan, metabolisme lemak, dan nafsu makan berasal dari studi karbohidrat dan gula darah.

Komentar Anda