Inilah Kapal Perang Terbesar Jepang Sejak Perang Dunia II

Kapal perang terbesar Jepang sejak Perang Dunia II mulai bertugas di bawah angkatan bersenjata Jepang, menandakan komitmen besar negara ini untuk memperkuat sektor militer di bawah Perdana Menteri Shinzo Abe. Bloomberg melaporkan pada Rabu lalu, Izumo, kapal pembawa helikopter seberat 19.500 ton, telah ditugaskan untuk menghadapi kapal selam pengganggu, kata menteri pertahanan Jepang Gen Nakatani.

Kapal Perang Jepang Izumo
sumber: Kementrian Pertahanan Jepang

Pada bulan Mei 2013, pemerintah Jepang mengidentifikasi kapal selam di bawah perairan dekat Okinawa dan Kagoshima. Namun konstitusi negara yang pasifis membuat Jepang mengalami keterbatasan untuk merespon situasi “zona abu-abu” yang tidak melibatkan serangan bersenjata.

Di bawah Abe, Jepang telah menafsirkan ulang konstitusi untuk memungkinkan mereka membela negara lain. Tetapi pengembangan ini menambah gesekan yang sudah ada dengan China. Pada tanggal 16 Maret Kementerian Luar Negeri Jepang merilis sebuah peta yang mengidentifikasi rangkaian pulau sengketa dengan nama Jepang, sebuah langkah yang dengan cepat dikecam oleh Beijing.

Tapi pada hari Sabtu menteri luar negeri China, Jepang, dan Korea Selatan bertemu untuk melakukan pembicaraan pertama mereka dalam tiga tahun terakhir. BBC melaporkan pertemuan di Seoul itu dirancang untuk meredakan ketegangan dan mendiskusikan solusi untuk sengketa teritorial dan lainnya.

Izumo adalah kapal pembawa helikopter dengan panjang 248 meter yang dapat mengangkut 470 personil dan maksimal sembilan helikopter. Kapal ini juga mampu membawa pesawat tilt rotor Bell Boeing V-22 Osprey. China Daily melaporkan pembangunan kapal ini menelan biaya sekitar 1 miliar dolar AS dan dapat digunakan untuk meluncurkan jet tempur. Tapi Nakatani mengatakan Jepang tidak berencana untuk mengoperasikan kapal perang ini sebagai kapal induk.

Komentar Anda