Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 25 Maret

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 25 Maret:

Kilas Balik Februari

1986: Corazon Aquino, janda pemimpin oposisi Benigno S. Aquino Jr.yang tewas dibunuh, mendapatkan kontrol de facto atas pemerintah Filipina saat Ferdinand E. Marcos melarikan diri ke pengasingan.

1975: Khalid menjadi raja Arab Saudi setelah pembunuhan saudara tirinya Raja Faisal.

1957: Perancis, Jerman Barat, Italia, dan negara-negara Benelux menandatangani perjanjian Roma, mendirikan Komunitas Energi Atom Eropa dan Masyarakat Ekonomi Eropa (Pasar Bersama); mendefinisikan dokumen yang kelak menjadi Uni Eropa, kedua perjanjian itu mulai berlaku pada 1 Januari 1958.

1951: Jenderal AS Douglas MacArthur mengeluarkan ultimatum yang mengancam China, mengganggu upaya Presiden AS Harry S. Truman untuk mencapai gencatan senjata dalam Perang Korea.

1947: Bencana tambang Centralia di Illinois, salah satu kecelakaan pertambangan terburuk dalam sejarah AS, terjadi; ledakan pada tambang nomor 5 milik Perusahaan Batubara Centralia menjebak dan menewaskan 111 penambang.

1941: Di bawah tekanan Jerman kerajaan Yugoslavia bergabung dengan aliansi Poros Jerman dan Italia.

1916: Ishi, yang menjadi terkenal sebagai orang Indian Yahi terakhir di muka bumi, meninggal dunia karena TBC.

1911: Sebuah kebakaran di Triangle Shirtwaist Company di New York City merenggut nyawa 146 pekerja garmen, kebanyakan wanita muda; bencana ini menyebabkan diberlakukannya kode industri baru yang lebih efektif.

Komentar Anda