Informasi dan Fakta Anjing Leonberger yang Gagah

Berasal dari Leonberg, Jerman, pada tahun 1846, peranakan serbaguna ini adalah favorit keluarga raja. Leonberger hampir punah pada akhir Perang Dunia I, tetapi diselamatkan oleh beberapa peternak Jerman yang berdedikasi untuk mengembangkan anjing ini. Mereka dianggap sebagai trah anjing Jerman tertua. Leonberger terus digunakan sebagai anjing pekerja dan pendamping di Jerman, Perancis, Skandinavia. Namun, mereka relatif jarang di negara-negara lain.

Anjing Leonberger

Karakteristik

Leonberger adalah anjing yang elegan, besar, dan kuat. Trah ini memiliki ekspresi lembut dengann penampilan gagah mengesankan. Perawakan Leonberger kokoh, tegap, dan sangat handal.

Perangai

Sebagai peranakan yang dianggap sebagai “raksasa lembut”, Leonberger adalah anjing yang penuh kasih sayang, setia, dan dapat dipercaya. Anjing yang tenang dan stabil ini sangat cocok dengan anak-anak, anjing lain, dan hewan peliharaan lainnya. Namun mereka tidak boleh dibiarkan sendirian untuk waktu yang lama dan akan menggonggong serta menjadi destruktif jika bosan atau kesepian. Mereka lembut, protektif, dan percaya diri. Mereka membutuhkan pemilik yang sangat berdedikasi.

Perawatan

Leonberger adalah jenis anjing yang memerlukan perawatan tinggi. Leonberger membutuhkan penyikatan setiap hari untuk menghilangkan bulu kusut dan mati serta meminimalisir shedding atau perontokan bulu. Perhatian khusus harus diberikan selama masa perontokan bulu dalam musiman (blowing coat) Mandi harus dilakukan bila diperlukan. Penting bagi pemilik untuk membersihkan telinga dan gigi secara teratur. Trah ini memiliki rentang hidup yang relatif singkat. Mereka rentan terhadap masalah kesehatan seperti hip dysplasia, OCD, penyakit Addison, entropion, ectropion, osteosarcoma, kembung, dan hipotiroidisme. Leonberger bisa sensitif terhadap beberapa obat seperti sulfa, obat penenang, dan anestesi.

Lapisan bulu

Leonberger memiliki lapisan bulu ganda. Lapisan luar panjang, berlimpah, dan lurus. Sedangkan lapisan dalamnya tebal dan padat. Ada surai bulu di dada dan di sekitar leher dan bulu-bulu pada kaki depan. Bulu di bagian belakang berlimpah dan tebal. Peranakan ini terus merontokkan banyak bulu selama masa blowing coat musiman.

Pelatihan

Sosialisasi awal dan pelatihan kepatuhan diperlukan. Leonberger cerdas dan penuh semangat untuk menyenangkan pemiliknya. Mereka tidak akan menanggapi metode yang keras atau berat. Pelatihan harus dilakukan dengan respek, kewajaran, ketegasan, kesabaran, dan konsistensi.

Aktivitas

Leonberger tidak dianjurkan untuk tinggal di apartemen. Mereka membutuhkan olahraga sehari-hari, interaksi keluarga, dan stimulasi mental. Peranakan ini cocok dipelihara di halaman berpagar besar atau pedesaan. Leonberger menyukai renang, hiking, backpacking, lari, dan kegiatan keluarga. Mereka unggul dalam kelincahan, pelacakan, terapi, dan penyelamatan air.

Komentar Anda