13 Nutrisi Penting Agar Anda Bisa Tidur Nyenyak dan Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi tertentu dalam makanan dapat mempengaruhi tidur, dari mudah tidaknya seseorang tertidur pada jam tidur hingga kualitas istirahat di sepanjang malam. Oleh karena itu, memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam makanan sehari-hari Anda bisa menjadi langkah yang cerdas. Di sini kami sajikan sumber nutrisi dari USDA Nutrient Database.

Nutrisi

1. Likopen adalah antioksidan yang terutama ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah. Sumber utamanya antara lain jambu, semangka, tomat yang dimasak dan produk yang mengandung tomat, pepaya, jeruk, paprika merah, kubis merah, asparagus, dan peterseli.

2. Teobromina adalah alkaloid yang mirip dengan kafein. Sumber utamanya antara lain coklat bubuk, coklat hitam, guarana, dan teh yerba mate.

3. Folat, atau vitamin B9, penting untuk berbagai fungsi tubuh. Sumbernya meliputi lentil, kacang-kacangan, asparagus, alpukat, bayam, brokoli, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

4. Fosfor adalah mineral yang penting untuk metabolisme energi, perbaikan sel, dan banyak lagi lainnya. Sumber utamanya antara lain biji labu, keju, ikan, kerang, kacang brazil, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, tahu, dan lentil.

5. Selenium adalah mineral yang memiliki sifat antioksidan. Sumber utamanya meliputi kacang brazil, ikan, udang, kalkun, ayam, daging sapi, dan biji-bijian.

6. Vitamin C penting untuk memperbarui dan memperbaiki jaringan, menyerap zat besi, dan beragam fungsi lainnya. Nutrisi ini berlimpah dalam banyak buah-buahan dan sayuran, dengan sumber utamanya adalah paprika, jambu biji, sayuran hijau, kiwi, buah, buah jeruk, tomat, dan kacang polong.

7. Vitamin D diperlukan untuk menyerap mineral lain, melindungi tulang, dan bahkan dapat memainkan peran penting dalam ritme sirkadian. Sinar matahari langsung adalah sumber terbaik dari vitamin D, tetapi vitamin ini juga ditemukan dalam ikan berlemak, susu dan biji-bijian yang diperkaya, jamur, tahu dan telur.

8. Asam butanoat berkontribusi besar pada kesehatan usus besar. Nutrisi ini ditemukan dalam mentega, keju, dan susu (terutama dari kambing dan domba).

9. Asam laurat adalah lemak jenuh yang juga dikenal sebagai asam aurik, dengan kemungkinan manfaat kolesterol baik. Sumber utamanya antara lain kelapa, minyak kelapa, dan minyak inti sawit.

10. Kolin penting bagi sistem saraf dan kesehatan hati. Sumber utamanya meliputi udang, telur, ikan, kalkun, ayam, kedelai, dan sayuran berwarna hijau tua.

11. Alfa karoten adalah antioksidan dan prekursor vitamin A. Sumber utama antara labu, wortel, paprika oranye dan bubuk cabai, labu, tomat dan ubi jalar.

12. Kalsium merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan jaringan. Sumber utamanya antara lain sayuran berdaun gelap, susu, keju, ikan, susu kedelai, okra, almond, dan kacang polong mata hitam.

13. Kalium adalah mineral yang penting untuk fungsi sel. Sumber utamanya antara lain kacang putih, bayam, kentang, aprikot, labu, yoghurt, salmon, alpukat, jamur, dan pisang.

Komentar Anda