Aneka Fakta Penting dan Unik Tentang Telur

Telur digunakan di seluruh dunia sebagai simbol dimulainya kehidupan baru. Telur juga diberikan untuk merayakan Paskah atau musim semi. Telur telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari hingga mungkin kita lupa dengan berbagai manfaatnya, mulai dari sumber gizi, protein ekonomis, kebutuhan kuliner, dan rasa lezat. Berikut adalah beberapa informasi seru tentang telur yang patut disimak.

Telur

Telur mengandung protein kualitas tertinggi dengan campuran asam amino esensial yang tepat yang diperlukan manusia untuk membangun jaringan tubuh; kualitas nutrisinya ada di urutan kedua setelah air susu ibu.

Telur memiliki 13 vitamin dan mineral yang penting. Kuning telur adalah sumber utama sebagian besar dari zat-zat itu, termasuk Vitamin D alami.

Satu telur besar hanya mengandung 70 kalori dan 5 gram lemak dan satu putih telur hanya mengandung 17 kalori dan nol lemak.

Telur baik untuk mata karena tingginya kandungan lutein, karotenoid yang dapat membantu mencegah degenerasi makula yang berkaitan dengan usia serta katarak.

Telur kaya akan kolin, nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan otak. Satu telur berukuran besar mengandung lebih dari satu-setengah dari kebutuhan harian wanita akan nutrisi penting ini.

Telur kaya akan vitamin B, terutama riboflavin dan vitamin B12.

Fakta-fakta menarik lainnya

Telur paling mahal yang pernah dijual adalah “Winter Egg” yang dijual pada tahun 1994 dengan harga 5.600.000 dolar AS.

Di Perancis, pengantin memecahkan telur di ambang rumah baru mereka sebelum melangkah ke dalam untuk mendapatkan keberuntungan dan bayi yang sehat.

Pada saat Revolusi Perancis, orang Perancis sudah menguasai 685 cara yang berbeda untuk mengolah telur, termasuk tentu saja membuat omelet.

Dalam Guinness World Records, 427 omelet dua telur dibuat dalam waktu 30 menit oleh Howard Helmer.

Komentar Anda