Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 18 Maret

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 18 Maret:

Kilas Balik Februari

2003: Di Inggris, Perdana Menteri Tony Blair memenangkan persetujuan parlemen untuk menggunakan pasukan Inggris dalam Perang Irak mendatang, namun 139 anggota partainya (Buruh) memilih amandemen antiperang dan tiga anggota kabinetnya (termasuk Robin Cook) mengundurkan diri sebagai protes; pada hari yang sama, Presiden AS George W. Bush mengatakan bahwa pasukan AS harus masuk Irak, bahkan jika Saddam Hussein mengundurkan diri, untuk mencari dan menghancurkan senjata pemusnah massal.

2000: Di Taiwan pemilu mengakhiri dominasi Kuomintang (Partai Nasionalis) lebih dari 50 tahun dengan memilih Chen Shui-bian sebagai presiden.

1965: Pesawat ruang angkasa Soviet Voskhod 2 diluncurkan, membawa kosmonot Aleksei Leonov, yang menjadi manusia pertama yang berjalan di luar angkasa.

1962: Perancis dan FLN Aljazair mencapai kesepakatan yang mana Aljazair akan dapat memilih status masa depan mereka setelah Perang Aljazair.

1925: Tornado paling mematikan dalam sejarah AS menghancurkan jalan yang melalui Illinois, Indiana, dan Missouri, menewaskan 695 orang dan menghancurkan 15.000 rumah.

1921: Perjanjian Riga mengakhiri Perang Polandia-Soviet, mendefinisikan batas-batas antara Polandia dan Uni Soviet.

Komentar Anda