Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 27 Februari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 27 Februari:

Kilas Balik Februari

2004: Presiden Makedonia, Boris Trajkovski, tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat.

2002: Di negara bagian India, Gujarat, ekstrimis Muslim menyerang dan membakar kereta penuh aktivis Hindu yang kembali dari perjalanan ke kota Ayodhya, di mana mereka memprotes pembangunan sebuah kuil Hindu di situs masjid yang sebelumnya telah hancur; insiden ini memicu serangan balasan di Gujarat di mana ratusan Muslim tewas.

1991: Dalam pidato televisi, Presiden AS George Bush mengumumkan bahwa Kuwait telah dibebaskan dan bahwa tindakan ofensif terhadap Irak dalam Perang Teluk Persia akan berakhir pada tengah malam (EST; 08:00 pada tanggal 28 Februari, di Timur Tengah).

1933: Gedung Reichstag di Berlin dihancurkan oleh api; sambil menyatakan bahwa kebakaran itu adalah bagian dari plot komunis, pemerintah Nazi baru pimpinan Adolf Hitler segera mencabut hak-hak sipil dan menekan oposisi.

1844: Republik Dominika memproklamasikan kemerdekaannya dari Haiti.

1706: John Evelyn, penulis Inggris yang buku hariannya antara tahun 1641-1706 memberikan pemahaman yang berharga tentang peristiwa politik saat itu, meninggal dunia.

Komentar Anda