Cara Mengobati Flu Ala Rumahan

Gejala flu kerap datang ketika terjadi perubahan cuaca seperti di musim hujan. Karena perubahan cuaca ini, tubuh harus beradaptasi dengan lingkungan. Jika tak mampu beradaptasi, maka kekebalan tubuh bisa menurun dan muncul penyakit flu.

Flu

Pada kondisi ini, biasanya orang akan mengambil obat untuk meringankan gejala flu. Tapi terkadang, obat juga tak selamanya ampuh untuk sembuhkan penyakit. Apalagi untuk orang-orang tertentu yang tak boleh minum sembarang obat seperti wanita hamil dan menyusui. Bagaimana cara pengobatan flu yang aman? Anda bisa mencoba pengobatan flu alami ala rumahan.

Minum air putih

Gejala flu yang menyerang bisa membuat Anda dehidrasi. Apalagi jika flu yang diderita disertai diare dan mual. Ini membuat Anda memerlukan asupan cairan yang lebih, untuk solusinya Anda bisa perbanyak minum air putih, jus buah, atau air elektrolit. Jangan minum minuman berkafein ketika merasa flu, sebab minuman berkafein sifatnya diuretik. Anda juga disarankan untuk minum madu atau teh herbal karena dapat melegakan tenggorokan.

Makan sup ayam

Sup ayam merupakan makanan lezat yang bisa jadi obat flu. Dan sup ayam juga telah dipercaya sejak lama untuk meringankan gejala flu yang terjadi. Ini karena sup ayam mampu memberikan efek hangat pada tubuh sehingga bisa mencegah gejala flu berlanjut lebih parah.

Kumur air garam

Cara mengobati flu dengan garam merupakan pengobatan yang paling murah dan mudah dilakukan. Air garam memiliki sifat anti bakteri, dengan berkumur air garam maka dapat membersihkan lendir yang ada di mulut dan tenggorokan. Dengan begitu, sakit flu dan rasa sakit pada tenggorokan dapat sedikit reda.

Kompres air hangat

Cara tradisional ini juga sudah lama dikenal untuk mengobati flu yang melanda. Caranya, letakkan kain hangat pada hidung dan dahi. Kain hangat ini bisa melegakan hidung tersumbat serta meredakan sakit kepala.

Lemon dan madu

Kombinasi bahan herbal alami ini bisa jadi ramuan yang ampuh atasi flu. Pengobatan ala rumahan ini cukup mujarab dan telah dilakukan sejak lama. Caranya, peraslah lemon dan ambil airnya. Kemudian campurkan dengan beberapa tetes madu dan minum.

Cara mengobati flu ala rumahan ini bisa Anda coba. Selain itu, Anda juga perlu istirahat ketika terkena flu. Hindari bepergian yang jauh karena bisa membuat gejala flu semakin menjadi.

Komentar Anda