Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 19 Februari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 19 Februari:

Kilas Balik Februari

1997: Deng Xiaoping, pemimpin China yang bertanggung jawab besar terhadap transformasi ekonomi China setelah kematian Mao Zedong, meninggal dunia.

1945: Setelah bombardir selama 74 hari, 30.000 marinir AS masuk ke daratan pulau Jepang yang dijaga ketat, Iwo Jima, selama Perang Dunia II, memulai pertempuran selama sebulan untuk menguasainya.

1942: Sepuluh minggu setelah Jepang menyerang Pearl Harbor, Presiden AS Franklin D. Roosevelt menandatangani Executive Order 9066, mengotorisasi relokasi paksa orang Amerika keturunan Jepang ke kamp-kamp interniran.

1915: Selama Perang Dunia I, operasi Gallipoli dimulai dengan operasi angkatan laut Inggris untuk mengurangi lapisan benteng Dardanella; operasi itu, yang dimaksudkan untuk mengalahkan Ottoman Turki dalam perang dan membuka rute pasokan ke Rusia, menjadi bencana bagi Sekutu.

1909: Komposer Austria Arnold Schoenberg menulis musik “tanpa nada” pertamanya, karya piano: opus 11, no. 1.

1878: Paten A.U.S. dikeluarkan untuk Thomas Edison untuk perangkat rekaman suara pertama, fonograf.

1861: Kaisar Rusia Alexander II mengemansipasi budak Rusia lewat proklamasi dan mengantarkan ke dalam era reformasi yang berlangsung hanya sampai pembunuhannya pada tahun 1881.

Komentar Anda