5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Perubahan cuaca yang terjadi terkadang dapat membuat daya tahan seseorang terhadap penyakit jadi lemah. Misalnya karena hujan yang terjadi terus menerus sehingga menyebabkan banjir dan mengundang banyak kuman di sekitar kita. Perubahan cuaca juga mengharuskan tubuh menyesuaikan diri. Jika tubuh tak mampu menyesuaikan maka daya tahannya bisa menurun dan menyebabkan seseorang menjadi gampang sakit.

Kesehatan Tubuh

Agar daya tahan tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Apa saja itu?

Olahraga

Melakukan olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, melakukan latihan secara teratur juga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat. Orang yang berolahraga secara rutin bisa mengurangi resiko terhadap penyakit flu hingga 50%. Tidak harus olahraga yang berat, yang penting bisa melatih fisik dan membuat tubuh berkeringat.

Menjaga kebersihan

Agar bisa terhindar dari serangan bibit penyakit, menjaga kebersihan adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Jagalah kebersihan tubuh sendiri dan lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan ketika mau makan atau melakukan aktivitas lain. Tangan sangat rawan melakukan kontak dengan benda-benda kotor yang dihinggapi banyak kuman bibit penyakit.

Tidur yang cukup

Kualitas tidur juga mempengaruhi kesehatan seseorang. Orang yang kurang tidur atau terlalu sering begadang dapat beresiko terserang beberapa penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Dengan tidur yang cukup, tubuh memiliki kesempatan beristirahat lebih baik. Dengan demikian kekebalan tubuh juga akan semakin meningkat.

Kendalikan stres

Cara menjaga daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengendalikan stres. Pengaruh stres berat bisa berakibat buruk terhadapa kesehatan tubuh. Jika stres terus terjadi dan tidak bisa dikelola dengan baik, maka daya tahan tubuh akan turun dan membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Suplemen dan herbal

Jika diperlukan, suplemen dan herbal juga bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih sehat. Dunia medis kini sudah mengakui pengobatan tradisional dan pengobatan herbal. Anda bisa mengonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan herbal atau membuat suplemen sendiri menggunakan bahan tradisional.

Cukup mudah kan cara meningkatkan daya tahan tubuh? Sayangilah tubuh Anda, jangan sampai Anda sakit hanya karena malas menjaga daya tahan tubuh.

Komentar Anda