Beberapa Cara Dasar Menjaga Kesehatan Kehamilan

Setiap wanita yang mengandung pasti ingin bayinya lahir dengan sehat dan sempurna. Karena itu, wanita hamil wajib menjaga kesehatan tubuh dan memperhatikan kesehatan bayi yang dikandungnya. Pasalnya, kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh pada perkembangan bayi yang berada dalam kandungan.

wanita hamil

Untuk menjaga kesehatannya, tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari memilih makanan yang tepat hingga harus menjauhi hal-hal yang berbahaya bagi kehamilan. Semua itu harus dilakukan demi menjaga calon buah hati yang berada di dalam kandungan.

Mengonsumsi makanan yang bergizi

Hal ini merupakan kewajiban bagi ibu hamil maupun yang sedang tidak hamil. Sebab makanan yang bergizi dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga dan memeilihara kesehatan. Pada masa kehamilan, makanan bergizi merupakan faktor penting yang menentukan perkembangan janin. Oleh karena itu, setiap wanita yang sedang hamil wajib memenuhi kebutuhan gizinya agar bayi yang dikandung dapat tumbuh kembang secara optimal.

Menjalani olahraga

Banyak orang yang malas berolahraga karena alasan kesibukan atau lainnya. Padahal olahraga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh dan membuat kita lebih bugar. Demikian juga untuk orang yang sedang hamil. Ibu hamil juga harus tetap melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, dan itu sudah cukup bermanfaat. Anda juga bisa menjalani senam hamil yang bermanfaat untuk membantu kelancaran persalinan.

Cukup istirahat

Istirahat yang cukup juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan kehamilan. Sebaiknya orang yang sedang hamil jangan sampai kelelahan karena hal itu akan berpengaruh terhadap bayi yang ada di perutnya.  Hindari pekerjaan berat, perjalanan jauh yang melelahkan, dan pekerjaan lain yang menyita energi. Jika ada pekerjaan rumah yang berat, jangan ragu untuk meminta bantuan pada orang lain.

Rutin memeriksakan kehamilan

Periksa kehamilan merupakan agenda wajib bagi wanita yang sedang hamil. Anda bisa memeriksakannya ke dokter atau bidan yang siap membantu. Petugas kesehatan seperti bidan atau dokter akan memberikan saran-saran pada Anda terkait kehamilan yang sedang dijalani.

Komentar Anda