Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 13 Februari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 13 Februari:

Kilas Balik Februari

2004: Pemimpin Siprus Yunani dan Siprus Turki menerima rencana PBB untuk reunifikasi Siprus.

1991: Selama Perang Teluk Persia, dua bom “pintar” AS menewaskan ratusan warga sipil Irak di fasilitas bawah tanah di Baghdad; militer AS mengira tempat itu adalah instalasi militer.

1945: Selama tahap akhir Perang Dunia II, Sekutu memulai serangan bom besar-besaran selama tiga hari terhadap kota Jerman, Dresden; sebanyak 135.000 orang tewas dan sebagian besar kota diratakan dengan tanah, untuk keperluan militer, serangan itu tetap diperdebatkan.

1945: Selama Perang Dunia II, tentara Uni Soviet mengusir Jerman dari Budapest, ibukota Hungaria, mengakhiri pengepungan selama 49 hari yang menghancurkan banyak bagian kota yang bersejarah.

1935: Persidangan Bruno Hauptmann atas penculikan bayi Charles dan Anne Lindbergh, salah satu kasus paling sensasional di abad ke-20, berakhir dengan vonis bersalah pada Hauptmann.

1692: Pembantaian of Glencoe, peristiwa terkenal dalam sejarah Skotlandia, berlangsung; karena kepala MacDonalds dari Glencoe menolak bersumpah setia kepada raja Protestan baru, William III, resimen pasukan dari rival Campbell dikirim untuk menghukum klan itu, yang mereka lakukan dengan hidup di antara mereka dengan damai selama seminggu kemudian menyerang dan membunuh 38 orang dari mereka.

1689: Setelah Glorious Revolution, pangeran Belanda William III dan istrinya, Maria (putri Raja James II yang sudah terguling), bersama-sama ditawari tahta Inggris.

Komentar Anda