Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 12 Februari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 12 Februari:

Kilas Balik Februari

2003: Badan Energi Atom Internasional secara resmi menyatakan Korea Utara melanggar perlindungan nuklir PBB dan meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengatasi masalah ini.

1980: Setelah revolusi memaksa Syah melarikan diri dan menyambut kembali Ayatollah Khomeini, Republik Islam Iran diproklamasikan.

1973: Menurut ketentuan Persetujuan Paris yang mengakhiri keterlibatan AS dalam Perang Vietnam, para tahanan perang Amerika yang pertama dibebaskan oleh Vietnam Utara.

1912: Puyi, kaisar Qing terakhir, turun tahta, mengakhiri tidak hanya kekaisaran Qing tetapi juga monarki China yang sudah berkuasa lebih dari 3.000 tahun.

1864: Al-Hajj Umar, tokoh intelektual dan politik utama dalam revolusi Islam abad ke-19 di Afrika Barat, meninggal dunia.

1554: Lady Jane Grey, ratu Inggris yang menjabat hanya sembilan hari pada tahun 1553, dipenggal atas tuduhan pengkhianatan palsu; ayah mertuanya menempatkan dirinya di atas takhta untuk mencegah suksesi Mary I dan berharap putranya bisa menjadi raja.

1421: Nanni di Banco, salah satu seniman paling penting dari awal Renaissance dan bersama Donatello dan Lorenzo Ghiberti menjadi pendiri seni patung Renaissance Italia, meninggal dunia.

Komentar Anda