Kate Bike Olahraga Ekstrim Unik dari Bandung

Kota Bandung memang selalu menghasilkan karya-karya kreatif dan unik dari anak-anak mudanya seperti olah raga yang satu ini, “kate bike” sebuah olahraga ekstrim dengan menggunakan sepeda layaknya untuk untuk anak kecil sebagai alatnya. Dan seperti ayam kate, kate bike merupakan miniatur dari dari sepeda BMX. Berikut informasinya.

olahraga aneh dan unik, unik konyol, olahraga konyol
Olahraga ekstrim unik kate bike
gambar : extremeina.com

Berlokasi di lapangan olahraga Saparua Bandung, anak-anak muda yang biasa ber BMX ria sesekali mengendarai sepeda kecil yang biasa mereka sebut “kate bike”. Nama kate diambil dari nama ayam kate yang mempunyai perawakan kecil dan menjadi logo komunitas penggemar olahraga kate bike ini.

Layaknya ekstrim sport sepeda BMX, berbagai gaya mereka atraksikan dengan menggunakan sepeda kecil tersebut. Dari bentuknya, kate bike memang jauh lebih kecil dari sepeda BMX biasa, karena ukuran ban dan kecilnya stang, maka perlu upaya lebih keras untuk mengayuh sepeda kecil ini, belum lagi posisi mengendara yang tak lazim karena pengendara harus membungkuk.

“Dibilang sulit ya sulit, dibilang mudah ya mudah” kata Faisal salah seorang pengendara kate bike ini. “Posisi badan harus seimbang mengikuti sepeda, seperti kita menggoes biasa, posisi badan harus kedepan tidak bisa kalau kedepan, pasti ngejengklang kebelakang” kata Faisal menjelaskan dengan gaya bahasa Sundanya.

Kate bike pertama kali dibuat oleh komunitas penggemar olahraga ekstrim di GOR Saparua sekitar tahun 2011. Berbagai desain sepeda serta ban telah dicoba selama satu tahun lebih, hingga akhirnya dua unit sepeda kate yang kini digunakan oleh komunitas kate bike ini menjadi purwarupa bagi sepeda-sepeda lainnya. Setiap unit kate bike ini bisa diproduksi dengan kisaran harga Rp. 2,5 juta per unitnya.

Belum banyak anak muda yang tertarik dengan olahraga ekstrim ini, karena memang tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi dari olahraga ekstrim BMX biasa dan anggota komunitas masih berusaha menularkan kegemarannya kepada anak-anak muda di Bandung dan kota-kota lainnya.

Komentar Anda