Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 Januari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 Januari:

Kilas Balik Januari

2005: Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun, warga Irak memberikan suara mereka dalam pemilu yang demokratis.

1972: Selama pawai protes Katolik Roma di kota Londonderry (Derry), Irlandia Utara, pasukan Inggris menembak kerumunan dan menewaskan 13 orang; peristiwa ini dikenal baik sebagai “Pembantaian Derry” dan “Bloody Sunday.”

1968: Saat Vietnam menandai liburan yang disebut Tet, tentara Vietnam Utara dan Viet Cong meluncurkan serangan besar-besaran tiga minggu terhadap pasukan AS dan Vietnam Selatan selama Perang Vietnam.

1948: Perintis penerbangan Amerika, Orville Wright, yang dengan saudaranya, Wilbur, menemukan pesawat terbang pertama yang sukses, meninggal dunia.

1948: Mahatma Gandhi, yang telah memimpin India mencapai kemerdekaan menggunakan taktik tanpa kekerasan dan pembangkangan sipil, dibunuh di Delhi oleh seorang fanatik Hindu.

1945: Kapal Jerman, Wilhelm Gustloff, yang membawa lebih dari 10.000 orang Jerman (kebanyakan pengungsi) melarikan diri sebelum tentara Soviet datang ke Polandia ditenggelamkan di Laut Baltik oleh kapal selam Soviet; 9.343 orang tewas dalam bencana laut terburuk dalam sejarah ini.

1934: Adolf Hitler menghapuskan pemerintah dari berbagai negara bagian Jerman termasuk Prussia, sehingga Jerman tidak lagi menjadi negara federal.

1933: Presiden Jerman Paul von Hindenburg, setelah gagal mencapai stabilitas di bawah rezim yang dipimpin oleh politisi yang lebih konvensional, menunjuk Adolf Hitler sebagai kanselir Jerman.

1649: Raja Charles I dari Inggris dipenggal, yang divonis -menyusul kekalahannya dalam Perang Sipil Inggris- karena ingin “menggulingkan hak-hak dan kebebasan rakyat”.

Komentar Anda