Cara Sarapan yang Baik Saat Sedang Diet

Banyak pelaku diet yang berpikir bahwa sarapan bisa menggangu diet yang dijalani. Tapi kenyataannya sarapan justru bisa membantu kelancaran proses diet. Faktanya, melewatkan sarapan malah akan memicu kelaparan yang akhirnya membuat pelaku diet sering kalap ketika menemukan makanan.

Sarapan yang Baik

Yang paling penting ketika diet, Anda haruslah memperhatikan menu yang dikonsumsi ketika sarapan. Jangan asal mengambil makanan sehingga berdampak buruk pada diet yang dijalani. Mengonsumsi sarapan sehat secara teratur justru akan membuat proses menurunkan berat badan berjalan lebih baik. Bagaimana caranya?

1. Sarapan sebaiknya dilakukan 8 hingga 10 jam setelah makan malam. Ini merupakan waktu yang ideal untuk sarapan karena memberi waktu bagi tubuh untuk melakukan metabolisme dan menerima asupan gizinya yang pertama di pagi hari.

2. Mulailah dengan minum jus buah pada pagi hari. Ketika tidur dan beristirahat pada malam hari, zat gula dalam tubuh turun ke tingkat paling rendah. Sebagai pengganti, tubuh melepas zat gula yang telah ditimbun di otot dan liver.

Minum jus buah segar di pagi hari sangat baik untuk sarapan karena memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, minum jus buah akan meningkatkan kembali kadar gula yang telah jatuh setelah semalaman tidak makan. Anda bisa memilih jeruk pisang atau apel untuk dibuat jus ketika sarapan.

3. Lanjutkan sarapan Anda dengan memilih sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk diet. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang baik untuk diet dibanding karbohidrat sederhana.

Makanan sumber karbohidrat bisa dipilih seperti roti gandum, selai kacang dan lainnya. Selain itu, karbohidrat kompleks juga akan memenuhi kebutuhan glukosa bagi tubuh. Jika kebutuhan glukosa tak tercukupi, maka fungsi otak akan terganggu.

4. Untuk menu sarapan lainnya, Anda bisa memilih makanan seperti berikut, telur rebus, omelet berisi tomat, keju rendah lemak, sereal dengan susu rendah lemak, atau bayam agar perut terasa kenyang yang lama.

Sarapan yang baik untuk diet ini sangat penting bagi Anda. Jangan sampai melewatkan sarapan ketika diet. Sebab sarapan merupakan nutrisi kunci untuk Anda beraktifitas sepanjang hari.

Komentar Anda