Pengobatan Rumahan untuk Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan atau disebut radang tengorokan merupakan penyakit yang kerap terjadi pada banyak orang. Biasanya, penyakit ini sering melanda ketika musim kemarau atau musim pancaroba yang dibarengi dengan batuk serta flu. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, rasa sakit akibat radang di tenggorokan bisa cukup mengganggu.

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa terjadi karena infeksi bakteri, gejala flu, atau iritasi pada tenggorokan akibat dampak batuk kronis. Cara mengatasinya, Anda bisa menggunakan metode alami ala rumahan agar gejala radang pada tenggorokan bisa segera sembuh.

Kumur air garam

Garam memiliki sifat antiseptik, jadi air garam bisa digunakan untuk mengobati rasa sakit yang ada di tenggorokan. Berkumurlah dengan air garam 3 hingga 4 kali dalam sehari. Air garam dapat melancarkan pencernaan sekaligus mencegah infeksi yang terjadi semakin parah. Caranya, masukkan satu sendok garam dalam setengah gelas air hangat. Gunakanlah untuk berkumur; buang air sisa dan jangan ditelan.

Makan buah pisang

Buah pisang memang memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Tapi masih jarang diketahui bahwa bahwa pisang ternyata dapat mengobati masalah radang pada tenggorokan. Buah pisang memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang baik. Ketiga zat tersebut berperan untuk penyembuhan radang tenggorokan. Jika Anda terkena radang tenggorokan, makanlah buah pisang setidaknya tiga buah dalam sehari.

Jus lemon

Cara mengobati radang tenggorokan juga bisa dilakukan dengan minum jus lemon tanpa gula. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon bisa jadi senjata ampuh mengatasi radang. Untuk menggunakannya, ambillah buah lemon kemudian peras dan ambil airnya. Masukkan dalam satu gelas air hangat, bisa juga ditambahkan madu agar lebih nikmat. Tapi ingat, jangan menambahkan gula pada ramuan pereda radang tenggorokan ini. Jus lemon tanpa gula ini sangat baik jika diminum sebelum makan untuk mengatasi radang tenggorokan.

Tiga cara mengobati radang tenggorokan ini bisa Anda coba. Dengan menggunakan pengobatan rumahan, Anda juga bisa sembuh dari radang tenggorokan. Tapi harus diingat, ketika mengalami radang sebaiknya hindari makanan gorengan atau makanan berlemak. Makanan jenis ini bisa memperparah sakit tenggorokan sehingga pengobatan yang dilakukan bisa sia-sia.

Komentar Anda