Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil Muda

Apa arti morning sickness pada orang hamil? Morning sickness adalah istilah untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah di pagi hari. Biasanya gejala mual dan muntah ini terjadi pada kehamilan awal atau tiga bulan pertama kehamilan. Namun untuk kondisi tertentu, mual dan muntah juga bisa terus terjadi hingga usia kehamilan mencapai sembilan bulan.

Mual pada Ibu Hamil

Masing-masing orang yang sedang hamil memiliki tingkatan mual dan muntah yang berbeda. Ada yang hanya biasa saja atau mual umum, namun terkadang ada juga sampai parah hingga tak doyan makan. Ini tentu sangat berbahaya bagi kandungan karena jika Ibu hamil tidak mendapat asupan makanan, perkembangan bayi yang dikandung bisa terhambat.

  • Sebaiknya makanlah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tapi lebih sering. Makan dengan porsi besar hanya akan membuat perut mual kerena terasa penuh. Usahakan untuk makan ketika merasa lapar dengan porsi yang kecil. Jangan biarkan perut kosong dan kelaparan karena akan menambah rasa mual yang terjadi.
  • Pilihlah makanan yang tinggi protein dan karbohidrat. Makanan ini bisa mencegah mual dan morning sicknes ketika hamil. Anda juga perlu makan buah atau sayur yang berkarbohidrat seperti kentang atau kol.
  • Jangan terburu-buru ketika bangun. Berikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi ketika bangun pagi. Usahakan untuk duduk terlebih dahulu ketika Anda baru terjaga. Anda bisa menyiapkan snack atau biskuit di kamar tidur untuk berjaga-jaga jika terjadi mual ketika bangun.
  • Jauhi makanan yang mengandung banyak lemak, berminyak, dan terlalu pedas. Makanan seperti ini hanya akan memperburuk mual yang terjadi.
  • Banyak minum air putih juga bisa menjadi cara mengatasi morning sicknes saat hamil muda. Minumlah air putih atau jus buah, dan hindari minuman bersoda atau berkafein.
  • Banyak istirahat dan rileks juga penting bagi wanita yang sedang hamil, apalagi untuk kehamilan muda. Pada masa ini biasanya kekuatan fisik wanita akan sangat berkurang, sebab banyak energi yang diserap untuk pembentukan janin.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual dan muntah pada orang hamil. Namun jika morning sickness terus berlanjut, sebaiknya hubungi dokter, bidan, atau petugas kesehatan.

Komentar Anda