Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 23 Januari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 23 Januari:

Kilas Balik Januari

1968: Pueblo, kapal intelijen Angkatan Laut AS, ditangkap oleh Korea Utara di Laut Jepang di lepas pantai Korea; krunya ditahan oleh Korea Utara selama 11 bulan.

1960: Ahli kelautan Perancis Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut AS Don Walsh turun ke Palung Mariana hingga kedalaman 35.813 kaki (10.916 m) dalam batiskaf Trieste yang dirancang oleh ayah Piccard.

1895: Carsten Borchgrevink dan Leonard Kristensen dari Norwegia mendarat di Cape Adare di Antartika, menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di daratan Antartika.

1849: Elizabeth Blackwell menjadi wanita pertama yang menerima gelar medis dari sekolah kedokteran AS, Geneva Medical College, N.Y.

1579: Selama Revolusi Belanda melawan kekuasaan Spanyol, tujuh provinsi utara (Holland, Zeeland, Utrecht, Gelderland, Groningen, Friesland, dan Overijssel) dari Belanda membentuk Uni Utrecht; dikenal setelahnya sebagai Provinsi Serikat, provinsi-provinsi itu menjadi republik merdeka Belanda pada tahun 1581.

1556: Salah satu gempa paling mematikan dalam sejarah terjadi di China utara (Shanxi), merenggut 830.000 nyawa.

Komentar Anda