Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 22 Januari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 22 Januari:

Kilas Balik Januari

2003: Sinyal terakhir terdeteksi dari pesawat antariksa AS Pioneer 10 pada jarak sekitar 7,6 miliar mil (12,2 milyar km) dari bumi, di mana saat itu Jet Propulsion Laboratory memutuskan untuk tidak melakukan kontak lebih jauh.

1973: Petinju George Foreman memenangkan gelar tinju dunia kelas berat setelah mengalahkan Joe Frazier di ronde kedua.

1973: Lyndon Baines Johnson, presiden Amerika Serikat ke-38, meninggal dunia lima hari sebelum penyelesaian perjanjian di mana Amerika Serikat menarik diri dari Perang Vietnam.

1944: Selama Perang Dunia II, dalam upaya untuk menjebak pasukan Jerman di Italia dalam gerakan menjepit, 50.000 tentara AS mendarat di Anzio, antara Jalur Gustav Jerman di selatan dan Roma di utara; mereka dikelilingi oleh delapan divisi Jerman, dan butuh empat bulan pertempuran sengit untuk menerobos garis pertahanan Jerman.

1917: Berharap untuk menengahi akhir Perang Dunia I, presiden AS Woodrow Wilson menyerukan perdamaian tanpa kemenangan.

1905: Revolusi Rusia tahun 1905 dimulai ketika tentara di Saint Petersburg menembaki kerumunan demonstran damai yang dipimpin oleh seorang pendeta, Pastor Gapon; diperkirakan 100 sampai 200 orang tewas pada Minggu Berdarah ini, yang diikuti oleh pemberontakan dan pemogokan kaum tani di seluruh negeri.

1901: Victoria, raja yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris (1837-1901), yang mendirikan monarki sebagai lembaga terhormat dan populer dan menamai era tersebut dengan namanya, meninggal dunia.

Komentar Anda