Cara Mudah Menghapus dan Memblokir Follower di Instagram

Instagram adalah salah satu situs media sosial yang paling populer. Menurut laporan di Forbes, remaja lebih menyukainya ketimbang Facebook. Media berbasis foto ini memungkinkan pengguna mengirim gambar dan video melalui aplikasi ponsel pintar dan mengembangkan kelompok follower (pengikut), seperti di Twitter. Hal ini dapat memunculkan situasi di mana pengikut perlu dihapus dari profil Anda.

Menghapus Follower Instagram
(blog.instagram.com)

Menghapus pengikut

Jika Anda tidak ingin seseorang memiliki akses ke konten Anda, Anda perlu untuk memblokir dan menghapus pengguna. Untuk memblokir pengguna:

  • Buka aplikasi dan klik pada ikon Profil yang terletak di bagian bawah layar. Ketika laman Profil terbuka, Anda akan melihat tombol ‘pengikut’. Tekan tombol pengikut untuk menampilkan semua pengikut Anda.
  • Cari pengikut yang ingin Anda blokir. Klik pada nama pengguna setiap pengikut untuk memuat halaman profilnya.
  • Tekan tombol panah di bagian kanan atas layar profil. Ini akan membuat menu termuat di bagian bawah layar Anda.
  • Tekan tombol pertama, yaitu ‘blokir pengguna’. Ini akan memaksa membuka jendela konfirmasi. Klik untuk mengkonfirmasi penghapusan. Setelah dihapus, pengguna tidak akan dapat lagi melihat atau mengikuti postingan Anda.

Beberapa tips

Ada beberapa fitur keamanan yang ada dalam pilihan blocking.

  • Pengikut tidak diberitahu ketika diblokir.
  • Pengikut tidak mampu untuk mencari profil Anda dan mencoba untuk mengikuti Anda lagi.

Beberapa kelemahan dari sistem blocking meliputi:

  • Meskipun Anda telah memblokir seseorang, hal ini tidak dapat mencegah pengguna tersebut dari menyebut (me-mention) nama pengguna Anda di Instagram, dan mention ini akan muncul di tab News Anda. Jika Anda ingin mencegah hal ini, Anda harus mengubah nama pengguna Anda setelah memblokir pengguna tersebut.
  • Memblokir seseorang tidak menghapus suka atau komentar pengguna dari gambar atau video. Jika Anda ingin menghapus komentar, pergilah ke gambar atau video dan klik pada ikon komentar di bawah gambar. Tekan pada komentar yang ingin Anda hapus dan klik ‘Hapus Komentar’ atau ‘Hapus Komentar dan Laporkan Penyalahgunaan’.
  • Secara default, Instagram membuat semua posting dan gambar bersifat publik. Jika Anda tidak ingin postingan Anda bersifat publik, edit pengaturan profil Anda dan aktifkan opsi Posts are Private.

Privasi dan web

Jika Anda berbagi foto dengan situs media sosial, Anda kemungkinan besar telah memberi izin situs tersebut untuk menyebarkan gambar atau video, yang berarti konten Anda bisa muncul dalam pencarian Google. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, Anda perlu mencabut izin yang diberikan kepada situs tersebut dan mungkin mengirim petisi pada Google untuk menghapus konten dari hasil pencarian mereka.

Komentar Anda