Adakah Cara Mengetahui Siapa yang Melihat Profil FB Kita?

Pengguna Facebook sering bertanya-tanya, “Bagaimana saya bisa mengetahui siapa yang melihat-lihat profil FB saya?” Ini adalah jenis rasa ingin tahu yang umum, dan sangat mudah dipahami mengapa kita terkadang ingin mengetahui jawabannya. Namun Facebook melihatnya secara berbeda.

Pengguna FB

Alasan ingin mengetahui siapa yang melihat profil kita

Ada sejumlah alasan mengapa kita ingin tahu siapa saja yang telah mengunjungi halaman profil Facebook. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sekedar ingin tahu: Mungkin Anda hanya ingin tahu berapa banyak teman-teman Anda yang mengunjungi laman profil Anda, atau apa ada orang asing yang mendarat di profil Anda.
  • Orang tua yang mengawasi anak-anak mereka: Jika anak-anak Anda ada di Facebook, akan berguna untuk mengetahui siapa saja yang melihat profil mereka.
  • Mencari teman-teman lainnya: Mengetahui siapa pengunjung laman profil Anda dapat mengingatkan Anda pada orang lain yang mungkin Anda kenal, dan pada orang yang mungkin Anda kirimi permintaan pertemanan.

Bagaimana saya bisa mengetahui mereka?

Tidak peduli apa alasan Anda menginginkan informasi ini, jawaban sederhana untuk pertanyaan “Bisakah saya mengetahui siapa yang melihat profil Facebook saya” adalah: tidak bisa.

Facebook telah menjawab pertanyaan ini di Pusat Bantuan (Help Center) dengan mengatakan “Facebook tidak menyediakan fungsionalitas yang memungkinkan Anda untuk melacak siapa yang melihat profil Anda.” Bagian ini selanjutnya menentukan bahwa Anda tidak bisa melacak unsur-unsur lain dari profil Anda, seperti foto atau video.

Alasan bahwa fungsi ini tidak tersedia adalah karena Facebook ingin menghormati privasi penggunanya. Jika Anda dapat melihat siapa yang mendarat di profil Anda, maka privasi orang-orang itu telah dilanggar.

Aplikasi pihak ketiga

Salah satu hal menarik bagi banyak pengguna Facebook adalah ketersediaan aplikasi pihak ketiga. Add-ons menawarkan game, kemampuan berbagi foto, musik dan video, kuis, dan segala macam kegiatan dan perangkat tambahan lainnya untuk menambah keasyikan fesbukan.

Beberapa aplikasi pihak ketiga mengklaim dapat melakukan hal-hal yang ‘tidak boleh’ atau ‘tidak bisa’. Ada beberapa aplikasi yang mengatakan mereka dapat menampilkan dengan tepat siapa telah mengunjungi halaman profil Anda, tapi semuanya berubah menjadi penipuan. Faktanya adalah bahwa tidak ada cara nyata untuk melacak dan memberikan informasi ini kepada pengguna.

Facebook sangat melarang aplikasi jenis ini dan secara jelas menyatakan bahwa mereka akan menghapus program yang mengklaim dapat melacak kunjungan.

Aplikasi menyebabkan kerusakan

Jika aplikasi-aplikasi semacam ini tidak dapat memenuhi apa yang mereka klaim, maka cukup membingungkan mengapa mereka ada di tempat pertama. Banyak pencipta aplikasi palsu berharap dapat mencetak keuntungan yang cepat, baik dengan iklan atau dengan mengumpulkan dan menjual informasi pribadi orang-orang yang menggunakannya. Pengguna harus setuju untuk mengizinkan aplikasi mengakses profil mereka, di mana informasi ini kemudian tersedia untuk dipanen.

Aplikasi lain yang lebih berbahaya, yang mengandung malware, adware, atau bahkan virus

Aplikasi-aplikasi ini tampaknya muncul lebih cepat dari kecepatan Facebook menghapusnya. Mereka tersebar di seluruh jaringan pengguna dengan mengirimkan undangan kepada teman-teman dari orang yang mendaftar pada aplikasi, mencapai ratusan bahkan ribuan orang setiap jam.

Pengaturan privasi

Jika Anda khawatir orang-orang mungkin akan mendapatkan informasi dari profil Anda tanpa sepengetahuan atau persetujuan Anda, Anda dapat memperketat pengaturan privasi Anda setiap saat. Cukup Masuk (Sign In), kemudian klik tombol Akun (Account) di bagian kanan atas laman. Dari sana, klik Pengaturan Privasi (Privacy Settings).

Anda dapat mengatur kontrol privasi untuk setiap aspek akun untuk tiga tingkat akses yang berbeda:

  • Semua orang, yang berarti siapapun dapat melihatnya
  • Teman dari teman, artinya teman dari teman Anda yang disetujui untuk mendapatkan akses
  • Hanya teman, berarti hanya mereka yang telah disetujui sebagai teman yang mendapatkan akses

Meskipun mungkin mengecewakan untuk mengetahui bahwa Anda tidak bisa melacak semua orang yang mengunjungi profil Facebook Anda, Anda dapat sedikit tenang setelah mengetahui bahwa Facebook membatasi fungsi ini dalam rangka untuk menjaga privasi Anda pada jejaring sosial.

Komentar Anda