Begadang Bisa Sebabkan Obesitas Hingga Diabetes

Banyak orang yang begadang karena berbagai alasan, misalnya hanya sekedar iseng atau karena urusan pekerjaan. Apalagi bagi mereka yang bekerja di malam hari, begadang merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Tapi tahukan Anda, ternyata begadang bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Begadang

Mereka yang sering begadang terkadang masih harus melakukan aktifitas seperti biasa pada keesokan harinya. Hal ini tentu akan membuat tubuh kelelahan karena kurang tidur dan tak sempat istirahat. Akibatnya, bukan tidak mungkin penyakit bisa datang menghinggap.

Efek negatif begadang bisa menimbulkan penyakit bagi tubuh, baik penyakit ringan maupun penyakit berat dalam jangka panjang. Pola hidup tak sehat akibat sering begadang juga bisa memicu kerusakan pada sel otak. Untuk mengetahui efek buruk karena begadang, baca ulasan kami berikut ini.

Obesitas

Ternyata begadang juga bisa menyebabkan berat tubuh yang berlebih atau disebut obesitas. Waktu tidur yang tak cukup atau kurang dari enam jam dalam semalam akan mengganggu kerja metabolisme di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak di tubuh. Orang yang sering begadang menjadi lebih cepat gemuk, apalagi jika saat begadang mereka mengonsumsi banyak makanan termasuk makanan yang tak sehat dan membuat gemuk.

Penyakit jantung

Penyakit berbahaya ini bisa datang jika orang sering begadang dalam jangka panjang. Orang yang memiliki waktu tidur lebih sedikit rentan terkena penyakit jantung. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang menderita penyakit jantung akibat memiliki kebiasaan begadang larut malam.

Sakit kepala

Sakit kepala merupakan penyakit ringan, tapi jika tidak diobati juga bisa menjadi masalah serius. Sakit kepala sering terjadi pada orang yang kurang tidur setelah begadang larut malam. Dalam jangka panjang, sakit kepala yang sering terjadi setelah begadang bisa memicu kerusakan sel pada otak.

Diabetes

Hormon dalam tubuh bisa terganggu keseimbangannya pada orang yang sering begadang. Hal ini akan memicu intoleransi glukosa yang berkaitan dengan produksi insulin dalam tubuh. Akibatnya, orang akan lebih sukar untuk mendapatkan waktu istirahat di malam hari dan terkena diabetes.

Sebaiknya, jangan terlalu sering begadang jika tak ingin medapatkan efek negatif tersebut. Aturlah waktu dengan baik kapan saatnya harus bekerja dan kapan waktunya beristirahat.

Komentar Anda