Norwegian Lundehund, Ras Anjing Langka yang Luar Biasa

Norwegian Lundehund dianggap sebagai salah satu ras anjing paling langka di dunia. Sebagai anggota keluarga anjing Spitz, Norwegian Lundehund dikembangkan Norwegia sebagai pemburu burung puffin. Selama tahun 1800-an, puffin menjadi spesies yang dilindungi dan peranakan anjing ini sempat jatuh populasinya. Mereka hampir punah setelah Perang Dunia II dengan hanya lima anjing yang masih hidup.

Anjing Norwegian Lundehund
(iams.ca)

Sekarang, ras ini perlahan-lahan sedang dihidupkan kembali dan diakui. Saat ini diperkirakan ada 1.500 Lundehund di seluruh dunia. Mereka sangat sulit untuk didapatkan.

Karakteristik

Norwegian Lundehund adalah jenis yang luar biasa. Mereka memiliki banyak karakteristik unik, termasuk memiliki enam jari pada setiap kaki, kemampuan untuk menekuk kepala ke belakang bahu mereka, kemampuan menutup telinga mereka untuk melindungi terhadap air dan kotoran, dan kelenturan untuk meregangkan kedua kaki depan sepenuhnya ke samping. Semua kemampuan yang tidak biasa ini memungkinkan Lundehund untuk berburu di tebing dan medan yang tidak rata.

Perangai

Norwegian Lundehund adalah anjing yang penuh gairah, ramah, dan menyenangkan. Sebagai peranakan primitif, Norwegian Lundehund adalah pelindung keluarga dan rumah mereka. Mereka waspada, penuh kehati-hatian dan rasa curiga, serta cepat menggonggong setiap melihat atau mendengar sesuatu. Mereka bisa akur dengan anak-anak dan anjing yang dibesarkan bersama mereka.

Lundehund tidak bisa menjadi anjing yang baik jika sedang bosan dan akan menjadi destruktif. Peranakan yang luar biasa ini ceria, penyayang, dan menjadi teman yang menyenangkan. Namun, Norwegian Lundehund tidak dianjurkan untuk orang yang baru pertama kalinya memelihara anjing.

Perawatan

Menyikat mingguan untuk menghilangkan rambut terurai dan mati dianjurkan. Perhatian khusus harus diberikan pada lapisan bulu selama perontokan bulu musiman mereka. Lapisan bulu mereka bisa membersihkan diri dan mandi hanya dilakukan bila diperlukan.

Norwegian Lundehund memiliki kecenderungan untuk menderita masalah kesehatan yang sangat serius yang dikenal sebagai Lundehund Syndrome. Rangkaian masalah pencernaan bisa menelan biaya dokter hewan yang mahal.

Lapisan bulu

Norwegian Lundehund memiliki lapisan bulu ganda. Lapisan luar pendek, padat, dan kasar tapi lebih berlimpah di sekitar leher, ekor, dan belakang paha. Lapisan bawahnya tebal dan lembut. Peranakan ini adalah perontok bulu berat musiman.

Latihan

Norwegian Lundehund adalah anjing yang keras kepala, degil, manipulatif, dan bandel. Sosialisasi awal dan kepatuhan dasar sangat dianjurkan. Peranakan ini sangat sulit untuk dilatih buang hajat. Metode crate training sangat dianjurkan, meskipun beberapa Lundehund mungkin tidak pernah benar-benar terlatih buang hajat. Pelatihan harus dilakukan dengan ketegasan, kewajaran, dan konsistensi.

Aktivitas

Anjing Norwegian Lundehund tidak dianjurkan untuk tinggal di apartemen. Norwegian Lundehund memerlukan halaman aman yang berpagar besar atau rumah bergaya pedesaan di mana mereka dapat berjalan, bermain, dan berinteraksi dengan keluarga.

One thought on “Norwegian Lundehund, Ras Anjing Langka yang Luar Biasa

  • 01/12/2016 at 1:24 am
    Permalink

    This site is very very good to get many information.
    I love it.

    Reply

Komentar Anda