Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 12 Januari

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 12 Januari:

Kilas Balik Januari

2010: Sebuah gempa bumi besar, berkekuatan 7,0 magnitude, melanda Haiti selatan; lebih dari 150.000 orang tewas, lebih dari 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal, dan kerusakan properti diperkirakan mencapai sekitar 10 miliar dolar AS.

1991: Setelah terjadi perdebatan yang luar biasa, Kongres AS secara tipis mendukung operasi militer terhadap Irak dalam apa yang dikenal sebagai Perang Teluk Persia.

1950: Menteri Luar Negeri AS, Dean Acheson, menyampaikan pidato kepada National Press Club di mana ia mendefinisikan perimeter bahwa Amerika Serikat akan bertahan di Pasifik; pengecualiannya terhadap Korea Selatan (dan Taiwan) diduga telah menggalakkan Korea Utara untuk mengambil tindakan militer yang menyebabkan Perang Korea.

1945: Selama Perang Dunia II, saat Jerman berada di tengah-tengah serangan balik di barat, tentara Soviet melancarkan serangan besar-besaran di garis Jerman di timur.

1519: Kaisar Romawi Suci Maximilian I meninggal dunia; sebagai hasil dari “pernikahan diplomasinya,” cucunya Charles V mewarisi domain yang luas yang mencakup tidak hanya tanah tradisional Jerman dari Kekaisaran Romawi Suci, tapi juga Belanda, Hungaria, Bohemia, dan Spanyol dan dependensinya di Italia.

0 thoughts on “Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 12 Januari

  • 01/12/2015 at 10:31 am
    Permalink

    Jadi nambah wawasan nih

    Reply

Komentar Anda