Populasi Beruang Kutub Secara Perlahan Bergeser ke Utara

Karena habitat di timur dan selatan wilayah Arktik menjadi tidak stabil -dan karena habitat yang cocok dengan mereka terus menyusut- beruang kutub berpindah ke utara jauh Kanada, di mana es laut masih melimpah dan dapat diandalkan.

Beruang Kutub

Dalam menganalisis susunan genetik populasi beruang kutub lokal, para ilmuwan bersama U.S. Geological Survey menemukan bahwa selama tiga generasi terakhir (mulai pada 1990-an) beruang kutub telah perlahan-lahan bermigrasi utara -ke kepulauan Kanada, di mana ada es laut di sepanjang tahun.

“Alih-alih ada semacam gerakan acak beruang di Arktik yang kami temukan di gambar sejarah kuno, kami menemukan arah gerakan menuju kepulauan Kanada,” ujar Lily Peacock, seorang ahli biologi satwa liar dengan USGS, mengatakan pada Alaska Public Radio Network (APRN).

Para ilmuwan mengatakan jenis analisis gen ini, menggunakan sampel darah yang dikumpulkan, menawarkan sudut pandang lebar, perspektif jangka panjang yang tidak mungkin didapat hanya dengan melacak beruang melalui satelit.

“Dengan memeriksa susunan genetik beruang kutub, kita dapat memperkirakan tingkat dan arah aliran gen, yang merupakan catatan sejarah perkawinan dan gerakan, serta ekspansi populasi dan kontraksi,” Peacock menjelaskan dalam siaran pers. “Aliran gen terjadi dari generasi ke generasi, dan tidak akan terdeteksi dengan menggunakan data dari satelit yang hanya dapat digunakan pada beberapa beruang kutub untuk jangka waktu yang singkat.”

Meskipun pergeseran gen terjadi secara bertahap selama beberapa generasi, para peneliti mengatakan tren ini bisa menonjolkan kerentanan spesies di masa depan. Saat populasi menjadi terisolasi, mereka memiliki risiko kepunahan yang lebih besar.

“Dan apa yang bisa terjadi ketika populasi hewan menjadi terisolasi adalah bahwa mereka bisa musnah jika terjadi sesuatu,” kata Peacock pada APRN. “Jika mereka mengalami musim dingin yang buruk atau musim semi yang buruk, itu akan menekan populasi dan membuat mereka jadi lebih kecil dan lebih kecil.”

Komentar Anda