Beberapa Manfaat Kebosanan Menurut Sains

Kebosanan adalah sesuatu yang oleh kebanyakan dari kita berusaha untuk dihindari, tapi ada bukti bahwa mungkin kita harus berhenti berusaha untuk mengisi kekosongan dan merangkul segala kebosanan yang datang. Sains membuktikan bahwa kebosanan memiliki sejumlah manfaat bagi kita.

Rasa Bosan

Meski kebosanan mungkin bukanlah keadaan yang menyenangkan, bukan berarti bahwa kebosanan tidak memiliki tujuan. Kita bosan karena kita penasaran, dan ketika kita bosan, itu adalah tanda kita ingin sesuatu yang lebih. Dan itu dapat membawa beberapa manfaat yang cukup besar:

Kebosanan meningkatkan kreativitas

Ketika kita bosan, kita cenderung untuk melamun, yang seringkali malah mendatangkan koneksi baru atau ide-ide dan inovasi segar. Studi menemukan bahwa kita menemukan pemikiran terbaik di kamar mandi, yang mana pikiran kita tidak sepenuhnya terlibat dan memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan. Ketika kita fokus pada satu tugas, pemikiran kita cenderung linear. Tapi ketika pikiran kita berkeliaran bebas, ide-ide kita dapat muncul dengan cara baru.

Kebosanan dapat menginspirasi kita untuk mengejar tujuan-tujuan, peluang, dan ide-ide baru

Ketika kita bosan dengan lingkungan dan tujuan kita, kita sering didorong untuk mencari yang baru. Kebosanan menyulut Anda untuk mengubah situasi Anda saat ini yang tidak menarik -baik dengan cara meminta tantangan lebih atau mencari usaha baru. Ketika kita bosan, kita mencari cara-cara baru untuk menyalakan pikiran kita dan sering menghasilkan ide-ide baru dan bahkan pengalaman baru.

Kebosanan bisa membantu kita unggul di tempat kerja

Bertentangan dengan kebanyakan pola pikir, kebosanan benar-benar dapat menjadi hal yang baik di tempat kerja, khususnya di bidang kreatif. Semua alasan di atas -mendongkrak kreativitas, inspirasi untuk mengejar tujuan-tujuan baru, dan keinginan untuk berpikir dengan cara luar biasa- bisa meningkatkan kreativitas di kantor, bahkan jika hal itu mungkin tampak seperti produktivitas yang sedang jeda.

Komentar Anda