Setiap Hari Enam Orang Tewas Karena Keracunan Alkohol

Lebih dari enam orang tewas setiap hari di Amerika Serikat karena keracunan alkohol, demikian laporan dari U.S. Centers for Disease Control. Studi ini menemukan bahwa rata-rata lebih dari 2.200 orang Amerika meninggal dunia karena keracunan alkohol atau pesta minum setiap tahun. 75 persen dari kematian itu adalah orang dewasa yang berada di antara usia 35 dan 64 tahun.

Keracunan Alkohol

“Studi ini menunjukkan bahwa kematian akibat keracunan alkohol bukan hanya masalah di kalangan anak muda,” kata Dr. Robert Brewer, yang memimpin CDC Alcohol Program dan merupakan penulis laporan tersebut.

Sekitar 76 persen dari mereka yang tewas karena keracunan alkohol adalah laki-laki dan 68 persen berkulit putih. 15 persennya adalah orang Hispanik, 9 persennya orang kulit hitam, 7 persennya orang Indian Amerika atau penduduk asli Alaska, dan 2 persennya adalah orang Asia atau Kepulauan Pasifik.

AS bagian tengah-barat mencatat kematian tertinggi akibat keracunan alkohol, dengan Minnesota, South Dakota, Wyoming, Colorado, Utah, Arizona, New Mexico, Oklahoma, dan Oregon memuncaki daftar. Negara-negara bagian selatan seperti Texas, Louisiana, Mississippi, Alabama, dan Florida mencatat jumlah kematian terkecil akibat pesta minuman keras.

Meski demikian, angka kematian karena keracunan alkohol tidak mendekati angka penyebab kematian utama setiap tahun di Amerika Serikat. Menurut data sensus AS tahun 2010, penyakit jantung menyebabkan 596.577 kematian, kanker menyebabkan 576.691 kematian, dan penyakit pernapasan kronis yang lebih rendah menyebabkan 142.943 kematian setiap tahun.

Kematian akibat keracunan alkohol setiap tahun lebih setara dengan kematian karena tenggelam, yang menyebabkan 10 kematian per hari, meskipun jumlah itu masih hampir dua kali lipatnya. Data untuk studi CDC ini diambil antara tahun 2010 dan 2012.

Komentar Anda