Inilah Sosok Walikota Transgender Pertama di India

Kota Raigarh, India, pada Minggu lalu memilih walikota transgender pertama di negara itu, Madhu Kinnar. Kinnar, 35 tahun, merupakan calon independen dari kasta terendah Dalit, mengalahkan lawannya dengan 4.537 suara, kata seorang pejabat pemilu. Kinnar bertarung melawan kandidat dari Partai Bharatiya Janata, Mahaveer Guruji.

Foto Walikota Waria

“Rakyat telah menunjukkan kepercayaannya pada saya. Saya menganggap kemenangan ini sebagai cinta dan berkat dari rakyat untuk saya. Saya akan melakukan upaya terbaik saya untuk mewujudkan impian mereka,” kata Kinnar saat kemenangannya.

Sebelum menang menjadi walikota, Kinnar menghidupi dirinya dengan bernyanyi dan menari di kereta api. Kinnar mengatakan dirinya tidak menghabiskan banyak uang pada kampanyenya.

“Saya hanya menghabiskan Rs 60.000-70.000 dari penghasilan saya selama kampanye. Dukungan publiklah yang mendorong saya untuk memasuki hiruk pikuk pemilu untuk pertama kalinya dan hanya karena dukungan mereka saja, saya tampil sebagai pemenang,” kata Kinnar.

Pemilihan Kinnar terjadi sembilan bulan setelah Mahkamah Agung India mengakui hak bagi setiap orang untuk mengidentifikasi gender mereka, termasuk jenis kelamin ketiga yang tidak mencakup laki-laki dan perempuan tradisional.

“Sementara kemenangan pemilu ini merupakan kemajuan besar bagi masyarakat transgender, komunitas LGBT yang besar di India masih menghadapi diskriminasi karena pengadilan baru-baru ini memulihkan larangan aktivitas sesama jenis,” kata Ashley Fowler, asisten Human Rights Campaign Global.

Komentar Anda